Ultimate magazine theme for WordPress.

Cerdas Memilih Informasi di Ruang Digital

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kota Palembang yang digelar, Rabu (8/9).(BP/IST)

Palembang, BP- Banyaknya informasi di dunia maya, membuat kita harus memilih informasi yang benar dan akurat. Bagaimana kita memilah informasi di dunia digital? Inilah yang dibidik Kemenkominfo RI untuk memberikan pembelajaran dan pencerahan kepada masyarakat Indonesia agar pandai memilah dan memilih informasi di ruang digital. Demikian topic Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Kota Palembang yang digelar, Rabu (8/9).

Webinar yang dimulai pukul 09.00  dan berakhir pukul 12.03 ini menampilkan empat narasumber berkompeten sehingga memukau 1426 peserta webinar kali ini. Pilah Pilih Informasi di Ruang Digital kali ini dipandu moderator Ayu Irti Batul Qolby dengan keynote speech Walikota Palembang H Harnojoyo.

Empat narasumber secara bergantian memaparkan materi terkait dengan tips dan pencerahan memilih informasi di ruang digital.

Alpin Herman Saputra, S.Pd., M.Pd, Dosen Universitas Terbuka Palembang yang menjadi narasumber pada sesi tiga menyampaikan berbagai hal di antaranya Kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. “Sebuah konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi. Kemampuan individu dalam mengenali kapan media digital dibutuhkan dan memiliki kemampuan dalam mengakses, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menggunakan media digital untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari.,” katanya.

Baca:  Manfaatkan Tehnologi, Tetap Junjung Nilai Kehidupan Berbudaya Berbangsa dan Bernegara

Begitu pula dengan narasumber Rusminah, S.H. yang merupakan Kepala SMK Negeri 3 Palembang yang pada kesempatan ini memaparkan berbagai hal terkait Etika Digital. “Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam berkominikasi di dunia digital salah satunya etika. Etika bukan saja diperlukan dalam kehidupan di dunia nyata namun justru di dunia digital etika dan sopan santun sangat utama dikedepankan,” demikian disampaikan Rusminah.

Baca:  Menjadi Masyarakat Pancasila di Era Digital

Selanjutnya dua narasumber lain Dr. Iding Rosyidin, M.Si ( Dosen Komunikasi UIN Jakarta dan Konten Kreator YouTube (IRC 13) ) dan Ardi Widi Yansah S.sos ( Praktisi komunikasi dan Editor Foto Majalah GATRA ) pun memberikan hal yang sama. Kedua narasumber berkelas nasional ini menyampaikan materi secara detail sehingga menambah wawasan pada peserta webinar kali ini.

Tak lupa, Key Opinion Leader Qonitah Azzahra  (Founder @halomentors , Trainer Market Place) ikut menyemarakkan suasana.

Terpisah, Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel membenarkan bahwa webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti secara daring 1.426 peserta dari kalangan pelajar, pendidik, dan masyarakat umum. Menurut Suryati, webinar kali ini pun tetap dilaksanakan secara gratis dan peserta mendapat e-sertifikat dari Kemenkominfo RI. Selanjutnya sebagai penyemangat, panitia tetap memberikan voucher menarik kepada 10 peserta terbaik dalam webinar ini. “Webinar selanjutnya digelar Kamis 9 September 2021 pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan topik Memajukan Pariwisata Melalui Media Digital” dengan narasumber antara lain Fitri Khusyu Aini, PhD (Peneliti, Pemilik @skinzie.you & @dapursimbok75, Co-founder Medina Farm), Meida Rachmawati, S.E., M.M., M.H (Dosen dan Direktur Nusantara Training and Research), Dr. Zulkifli Harahap S.Sos. (Direktur Politeknik Pariwisata Palembang) dan Susi Baiduri, S.Pd (Kepala SMK Bina Jaya Palembang). Pendaftaran melalui tautan : https://s.id/lidigplembang9september.#osk

Baca:  Lestarikan Nilai-nilai Pancasila di Era Digital

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...