Ultimate magazine theme for WordPress.

SMB IV Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Tradisi Lama Yang Sudah Lama Hilang

Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn  di acara Pekan Seni Budaya Perempuan Palembang Darussalam yang diselenggarakan oleh Lembaga Seni Budaya Sang Putri Sriwijaya,  yang berlangsung dari 4-5 September 2021 di OPI Mall Jakabaring, Minggu (5/9).(BP/IST)

Palembang, BP- Sultan Palembang, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama R.M.Fauwaz Diradja,S.H.M.Kn menilai budaya Palembang sangat unik dan beragam dan bisa di nikmati oleh para generasi penerus saat ini.

 

Karena itu SMB IV  mengajak masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) dan khususnya Palembang untuk menghidupkan tradisi-tradisi lama Palembang yang sudah lama hilang.

 

“ Kedepan banyak sekali inovasi-inovasi baru  sehubungan dengan budaya digital kita , mungkin tidak hanya tari juga kita bisa menghidupkan syair Palembang, menghidupkan kembali permainan tradisional anak Palembang yang sudah lama hilang dan sudah tidak di gaweke lagi, bagaimana caronyo gek kita usahaka supaya yang lama-lama ini dapat hidup kembali, jangan kami saja yang bisa menikmatinya, kalu pacak anak cucu kito jugo,” kata SMB IV saat membuka Pekan Seni Budaya Perempuan Palembang Darussalam yang diselenggarakan oleh Lembaga Seni Budaya Sang Putri Sriwijaya,  yang berlangsung dari 4-5 September 2021 di OPI Mall Jakabaring, Minggu (5/9).

Baca:  Pujakesuma Sumsel Dukung BKB Jadi Warisan Budaya Kesultanan Palembang Darussalam

 

Turut hadir Raden Zainal Abidin Rahman Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Suryo Febri Irwansyah (Vebri Al Lintani), dan Pangeran Jayo Syarif Lukman, Pangeran  Mas’ud Khan,  Beby Sri Mardiana Putri.

 

Juga hadir diantaranya Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Cahyo Sulistyaningsih , Ketua DPW PKB Sumsel Ramlan Holdan, Perempuan PKB Sumsel, budayawan Palembang Yai Bek, Perwakilan Dinas Kebudayaan Kota Palembang Isnayanti.

 

Genersi sekarang menurut SMB IV jangan hanya menonton film Upin dan Ipin  atau memainkan permainan  seperti Mobile Legend, Free Fire, PUBG.

 

“ Tapi generasi muda harus tahu budaya-budaya kito,” katanya.

 

Selain itu  pihaknya juga akhir tahun  akan membuat kejutan bagi anak muda di Palembang yaitu akan membuat film animasi atau Manga (komik)  yang berbasiskan Kerajaan Sriwijaya.

Baca:  Gubernur Sumsel Minta Pelaksanaan Festival Seguntang Tetap Jaga Prokes

 

“ Itu sedang di godok, teman kita dapat  kucuran dana , jadi  Insya Allah ini sebagai  kisi-kisi saja, akhir tahun akan ada  surprise buat Indonesia, mudah-mudahan bisa mengembalikan nilai budaya dan juga  rasa cinta kita kepada tradisi  di Indonesia , yang filmnya juga menaikkan  etnik kita, bukannya  film budaya barat tapi budaya kita yang diselingi dengan animasi yang  mungkin menjadi boboy dari Indonesialah ,” katanya.

 

Selain itu SMB IV mengapresiasi seni tari ini  dimana kegiatan ini juga  untuk memperingati haul 200 tahun  pengasingan SMB II dan untuk meningkatkan seni  dan daya tarik pada generasi mendatang, terutama generasi milenial.

“ Bahwa kita  ini memiliki akar budaya yang sangat baik dan  juga indah,” katanya

 

Ketua pelaksana , Beby Sri Mardiana Putri menjelaskan kalau acara ini sempat di undur empat bulan dan akhirnya kini bisa terlaksana.

Baca:  Kapolda Babel Sandang Gelar Datuk Radendo Panglima Negeri dari SMB IV

 

“ Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak kita ini menjadi generasi penerus untuk melestarikan seni budaya bangsa,” katanya.

 

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel, Cahyo Sulistyaningsih mengapresiasi kegiatan tersebut.

 

“Kegiatan ini turut membantu pemerintah dalam pelestarian  kebudayaan daerah,” katanya.

 

Acara dilanjutkan pemberian penghargaan dari manajemen OPI Mall kepada SMB IV  karena Kesultanan Palembang Darussalam telah menggelar kegiatan kebudayaan di OPI Mall dan dilanjutkan mengangkat Ketua DPW PKB Sumsel sebagai anggota keluarga besar dari Kesultanan Palembang Darussalam.

 

Sebelumnya, Sabtu (4/9) juga telah di gelar Workshop Tanjak Palembang bersama Pangeran Suryo Vebri Al Lintani dan Pangeran Nato R.M.Rasyid Tohir dari Kesultanan Palembang Darussalam yang merupakan rangkaian kegiatan dari Pekan Seni Budaya Perempuan Palembang Darussalam.#osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...