Ultimate magazine theme for WordPress.

Etika Berinteraksi di Dunia Digital Harus di Kedepankan

Palembang, BP- Di era dunia digital. Hidup semakin mudah dan  semakin digital. Sejatinya etika-etika selama berinteraksi di dunia digital harus tetap di kedepankan.

“Etika digital adalah kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyesuaikan diri, merasionalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital atau netiquet dalam kehidupan sehari-hari. Etika digital harus diterapkan karena dalam ruang digital kita akan berinteraksi dan berkomunikasi dengan berbagai perbedaan kultural sehingga sangat mungkin pertemuan secara global tersebut akan menciptakan standar baru tentang etika,” kata Awalluddin SPd MSi, narasumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kota Palembang, Jumat (3/9).

Di awal pemaparannya, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini sempat mengajak para peserta webinar untuk bersama-sama mendoakan Duta Literasi Sumsel, mendiang Hj Percha Leanpuri yang genap 2 pekan meninggal di usia 35 tahun. Lebih lanjut dia menguraikan beberapa etika dalam berinteraksi di dunia maya. Antara lain memperhatikan keberadaan orang lain, berpikir dulu sebelum berkomentar, menggunakan bahasa yang sopan dan santun, menjadi pembawa dalam diskusi yang sehat, dan menghormati waktu orang lain.

Baca:  Cerdas Jualan Online di Media Sosial

“Etika lainnya yakni bagilah ilmu dan keahlian, hormati privasi orang lain, maafkan jika orang lain membuat kesalahan, dan taat pada standar perilaku online,” katanya.

Selain Awalluddin, masih dalam webinar yang mengankat tema “Hidup Pintar di Tengah Dunia Digital”, moderator Sahira Zahra Gassani juga mempersilakan tiga narasumber lainnya untuk mengemukakan pemaparan masing-masing diberi waktu 20 menit. Ketiga narasumber dimaksud yakni Arief Rama Syarif ST MKom (Staf Ahli – Bidang IT PT Prima Armada Raya), Zwasty Paskahlia Ramma SP (Founder & Landscape Architect Lanskap Indonesia, Lanskap Go & The Gardenaya) dan Drs H Zulfikri MPd (Kepala SMK Negeri 6 Palembang).

Baca:  Gunakan Uangmu Untuk Investasi Masa Depan

Webinar ini sendiri dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh moderator Sahira Zahra Gassani. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI.

Lantas keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut. Selain itu, turut hadir menghangatkan suasana dan memotivasi peserta webinar yakni Rana Rayendra (Co-Founder & CEO of Bicara Project) sebagai Key Opinion Leader (KOL).

Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, moderator mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Terpisah, Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel membenarkan bahwa webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti secara daring oleh 1607 orang peserta dari pelajar, mahasiswa dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Baca:  Majukan Dunia Pariwisata Melalui Peran Media Digital

Untuk webinar selanjutnya imbuh Suryati, diselenggarakan Sabtu (4/9) dengan tema “Literasi Digital : Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah” yang bakal menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Adi Firmansyah, SP MSi (Peneliti Pusat Kajian Resolusi Konflik LPPM IPB University), Eval Wari ACC (Secretary General International Coaching Federation (ICF) Indonesia dan CEO Leadership Resources Indonesia), Jhon Roni Coyanda SKom MSi (Wakil Rektor II Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Palembang), Drs Taufik MSi (Kepala SMA N 5 Palembang). #osk

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...