Ultimate magazine theme for WordPress.

Kabar Kurang Enak Soal Tukin THR & Gaji ke-13 PNS

Palembang, BP – Terkait anggaran prioritas untuk penanganan Covid-19. Pemerintah harus memutar cara untuk menyelamatkan anggaran.

Alhasil harus ada yang dikorbankan. Salah satunya adalah Tunjangan Kinerja (Tukin) PNS.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara pada Sarasehan Virtual 100 Ekonom 2021 yang mengupas tentang bagaimana reformasi struktural bisa mendorong pertumbuhan. Acara ini diselenggarakan INDEF bersama CNBC Indonesia, Kamis (25/8/21) lalu.
“Varian delta membuat kita lakukan adjustment. Kita lakukan empat kali refocusing,” ucapnya.
ditambahkannya
“Refocusing kedua bahkan kita hemat lagi dengan tidak memberikan Tukin PNS. Kita hemat Rp 15 triliun,” terangnya.

Baca:  Polda Sumsel dan SCW Beri Bantuan Untuk Masyarakat Berdampak Covid-19

Tukin tidak diberikan pemerintah kepada PNS saat penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 pada tahun ini. Sementara tukin reguler tetap dibayarkan sebagaimana mestinya.
Refocusing ini, sambung Suahasil, dilakukan terus menerus sehingga kebijakan fiskal lebih fleksibel. Semua untuk penanganan covid-19 di dalam negeri.

Hal senada juga dikatakan akan berlaku untuk tukin THR dan gaji ke-13 tahun depan. Selain gaji, PNS hanya mendapat tukin regular.

Baca:  Polda Sumsel dan Kodam II/ Sriwijaya Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Covid 19

“Di dalam RAPBN 2022, kebijakan untuk THR dan Gaji-13 saat ini sama dengan tahun 2021,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata kepada CNBC Indonesia, dikutip Sabtu (28/7/21).

Lanjutnya, bahkan program-program yang tidak prioritas masih akan tetap ditunda di tahun depan. Sehingga anggaran bisa difokuskan untuk membantu masyarakat hingga pelaku usaha yang paling terdampak.
“Kita masih harus mengantisipasi masalah kesehatan terkait covid-19. Selama masih ditetapkan sebagai pandemi, pendanaan kegiatan-kegiatan untuk mengatasinya banyak harus disiapkan negara. Begitu juga kebutuhan pendanaan untuk mengatasi permasalahan sosial-ekonomi yang ditimbulkannya,” jelasnya. #rid/net

Baca:  Masyarakat Tionghoa Palembang Bersatu Berikan Bantuan Penanganan Covid-19 di Sumsel

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...