Ultimate magazine theme for WordPress.

SD IT Bina Ilmi Launching Virtual Program Literasi dan Self Managemen

Oleh : Vixkri Mubaroq

Manusia dan Pendidikan adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan. Manusia dimanapun berada pasti butuh dengan pendidikan. Karena pendidikan memiliki fungsi utama yaitu memanusiakan manusia, dengan cara membangun moral dan akhlak yang baik serta mengembangkan seluruh potensi manusia ke arah yang lebih baik. Sesuai menurut Ki Hajar Dewantara, hakikat pendidikan adalah selururh daya upaya yang dikerahkan secara terpadau untuk tujuan memerdekakan aspek lahir dan bathin manusia, sebagai upaya membebaskan anak didik dari ketidaktahuan serta sikap iri, dengki, egois, sehingga anak didik berkembang menjadi manusia dewasa dan bijaksana. Untuk itu, pendidikan di masa pandemi harus tetap berjalan, meskipun perlu penataan konsep untuk melakukan inovasi, pada proses pembelajaran, baik pelajaran pengetahuan umum, bahasa, agama, seni budaya, dan olahraga, serta pendidikan dalam proses mengembangkan pengetahuan literasi pelajar dan sikap kedisiplinan pelajar terhadap waktu agar dapat mengelola diri.

Meningkatkan potensi literasi dan mengelola diri (self management), pada pelajar adalah salah satu fokus program Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Bina Ilmi Palembang.

Pada tanggal 26 agustus 2021 SD IT Bina Ilmi telah melaunching program Bina Ilmi Reading System (BIRS), secara virtual yang di ikuti oleh siswa/i sebannyak 230 an peserta, kemudia pada tanggal 28 agustus 2021, SD IT Bina Ilmi juga telah melaksanakan program sosialisasi self management seperti pelatihan, membuat jadwal harian, mengatur waktu, dan mengelola uang seperti menabung.

Vixkri Mubaroq sebagai guru dan panitia dari acara tersebut menyampaikan bahwa siswa/siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan launching bina ilmi reading sistem dan self management, yang dilakukan secara virtual, program ini merupakan program pertama kali yang dilakukan oleh sekolah, meskipun masih masa pandemi, program kegiatan ini akan dilakukan siswa/i setiap hari dan setiap pekannya guna melatih kedisiplinan pelajar terhadap waktu, dan memperluas wawasan literasi, serta dapat mengelola diri dengan baik.

Pak Baizun sebagai kepala sekolah menyampaikan bahwa tujuan program kegiatan literasi dan self management yang dilaunching secara virtual  ini merupakan salah satu bentuk keseriusan sekolah di masa pandemi untuk tetap memberikan  pendidikan dan pembinaan sepenuhnya kepada anak didik, meskipun kegiatan tersebut diluar jam pelajaran sekolah, karena kami ingin siswa/i SD IT Bina Ilmi menjadi siswa yang mandiri, disiplin terhadap waktu, tahu kapan waktunya shalat, tahu kapan waktunya membaca Al-Qur’an, waktunya belajar, membantu orang tua dan lain sebagainya, sehingga nantinya siswa/i menjadi siswa yang terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan  yang baik dan dapat mengelola diri nya dengan baik. Selain itu juga, Pak Baizun menyampaikan bahwa kegiatan literasi seperti bina ilmi reading sistem, adalah fasilitasi dan inovasi sekolah di masa pandemi untuk meningkatkan daya baca dan daya tulis pengetahuan siswa/i SD IT Bina Ilmi. #osk/rill

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...