Ultimate magazine theme for WordPress.

Mendikbudristek Dorong Kampus di Wilayah PPKM Level 1-3 Lakukan PTM

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim (BP/IST)

Palembang, BP – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terbaru yakni sekolah dan kampus yang berada di Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 dapat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Terkait kuliah tatap muka, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan pelaksanaannya dilakukan secara terbatas di perguruan tinggi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai SKB Empat Menteri.

Hal itu disampaikan Nadiem dalam webinar Efektivitas Pendidikan Tinggi dengan PTM Terbatas dan Bantuan UKT Kuliah, Jumat (27/8)

“Kuncinya mengikuti SKB Empat Menteri, maka perguruan tinggi di wilayah PPKM Level 1-3 diperbolehkan mengadakan PTM terbatas. Tetap ada aturan main yang berlaku, ada berbagai prokes yang tetap harus dilaksanakan,” kata Nadiem.

Baca:  Polda Sumsel dan Polrestabes Palembang Gelar PPKM Mikro Mang Pedeka Serbu Kelurahan Plaju Ulu

Nadiem mengatakan, kedisiplinan mahasiswa menjadi kunci berlangsungnya PTM terbatas di kampus.

“Poin terpenting adalah menjadi ini (disiplin pada prokes), karena kalau ini (kampus) jadi klaster, ini (PTM terbatas) akan bubar lagi), karena terbukti tidak disiplin. Kalau mahasiswa ingin melaksanakan (PTM terbatas), ini ada di tangan mahasiswa,” kata Nadiem.

Ia menjelaskan, sejumlah bentuk kedisiplinan mahasiswa dalam melaksanakan kuliah tatap muka terbatas juga mencakup komitmen dalam saling melindungi warga kampus satu sama lain.

Nadiem juga menekankan, mahasiswa juga perlu melaksanakan vaksinasi.

Baca:  Imbas PPKM Palembang, Banyak Pelaku Usaha Menunggak Pajak

“Memberitahu teman-teman yang sakit, flu atau demam, untuk tidak masuk, ini ada di tangan mahasiswa. Di samping itu, adik-adik yang belum divaksin, cari informasi tempat vaksinasi terdekat untuk mendapat vaksin,” kata Nadiem.

Nadiem menambahkan, bentuk kedisiplinan dalam pelaksanaan PTM terbatas juga mencakup penyebaran informasi yang benar terkait COVID-19 dan PTM terbatas.

Baca:  Sindir Luhut, Fahri Hamzah: Virus Itu Ada di Buku IPA Bukan IPS

“Manfaatkan media sosial untuk menyebarkan info yang benar, jangan menyebarkan info yang tidak benar atau hoax,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan pelaksanaan kuliah tatap muka terbatas bergantung pada komitmen mahasiswa.

“Jadi saya ingin menekankan sekali lagi, (PTM Terbatas) ini bergantung pada komitmen adik-adik mahasiswa dalam melindungi (satu sama lain),” tandasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...