Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemimpin Harus Berilmu dan Visioner.

Dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia Chusnul Mariyah (BP/IST)

Jakarta, BP- Syarat menjadi pemimpin baik itu Presiden, Gubernur, Bupati dan Walikota harus sosok yang berilmu. Karena banyak problematika masyarakat yang harus dicarikan solusi oleh pemimpin.
“Berilmu itu artinya harus memiliki pengetahuan luas tentang kewilayahan, rakyatnya, masalah yang dihadapi rakyat dan terpenting pada akhirnya mampu memecahkan solusi,” ujar dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia Chusnul Mariyah saat dihubungi Berita Pagi, Minggu (22/8) siang.
Disamping itu juga punya leadership, visioner serta kemampuan komunikasi politik. Menurutnya komunikasi politik diperlukan bukan hanya pada saat debat antarcalon saja melainkan dalam menyerap suara rakyat nanti setelah dirinya terpilih.
“Pemimpin harus juga kuat dengan prinsip kebenaran, empati dan simpatik terutama terhadap kelompok masyarakat lemah dan miskin. Untuk itu jadi pemimpin harus takut kepada Allah Taalah serta mengikuti ajaran Rasulullah, mereka harus memiliki pemahaman demikian,” tambah mantan Komisioner KPU RI ini.
Ditambahkan, seorang baru bisa layak memimpin negara atau daerah jika lebih dulu memahami cita-cita bernegara dan konstitusi. Maka itu mesti jelas pula road map dalam melaksanakan cita-cita konstitusi tersebut. (zur)

Baca:  Pemimpin Palembang Harus Punya Konsep
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...