Ultimate magazine theme for WordPress.

Berdakwah Melalui Medsos

Palembang, BP- Di era digital saat ini , banyak ulama, ustaz dan pendakwah yang menyampaikan ajaran-ajaran agama Islam lewat berbagai platform media sosial (medsos).

Dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Palembang, Sabtu (21/8), salah seorang narasumber yakni Drs H Hermansyah SE MM menyampaikan sejumlah aspek penting yang perlu diperhatikan saat hendak membikin konten dakwah yang menarik di ruang digital. Secara rinci Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palembang menguraikan hal penting antara lain kemasan dakwah yang unik, memberikan teladan dan sarat nilai kebajikan.

“Kemudian mengajak menuju perubahan, menyeru ke jalan yang benar, menjadi yang terbaik, mengedepankan keberagaman, dan mengetahui tentang agama,”  katanya.

Sedangkan , Muhammad Bustomi MPdI yang juga Wakil Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Palembang ini berbagi tips berdakwah untuk anak muda di media sosial. “Pahami kebutuhan anak muda, desain postingan media sosial semenarik mungkin, gunakan bahasa anak muda selama tidak melanggar syariat, dan memilih admin yang memahami kondisi anak muda,” katanya.

Selain Hermansyah dan Bustomi, webinar dengan tema “Berdakwah Indah Di Ruang Digital” ini juga menghadirkan dua narasumber berkompeten antara lain Dr Nandang Koswara (Dosen Program Doktoral, Pendakwah) dan Muhamad Arif Rahmat SHI (Certified Life Coach)

Baca:  Penguasaan Iptek dan Teknologi Digital Harus Disertai Penghayatan Pancasila

Seperti webinar-webinar sebelumnya, webinar kali ini dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh moderator Nur Ahmad. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Kemudian, keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut.Untuk menghangatkan suasana webinar yang dihadiri para peserta secara virtual, dihadirkan Key Opinion Leader (KOL) yakni Chacha Annissa yang merupakan seorang pembawa berita TvOne dan juga Dosen.

Baca:  Hati Hati, Maraknya Kejahatan Ala Phising

Setelah keempat pemateri menyampaikan paparannya masing-masing, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Di mana pemandu acara mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Sedangkan Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel diikuti secara daring oleh 791 orang peserta dari kalangan pelajar.

Baca:  Mewujudkan Misi IKM Yang  Berdaya Saing Tinggi di Era Digital

Untuk webinar selanjutnya diselenggarakan Senin (23/8) dengan tema “Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital” yang bakal menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Muhamad Rosit MSi (Dosen Prodi Ilmu Komunikasi), Deden Mauli Darajat MSc (Direktur Eksekutif Pusat Pengkajian Komunikasi dan Media (P2KM) UIN Jakarta), Steven Anthony SIP MSi (Manager Registrasi dan Asesmen Universitas Terbuka Palembang) dan Dian Anggraini SIP MSi (Dosen STIA Satya Negara Palembang).#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...