Ultimate magazine theme for WordPress.

Merawat Jenis Tanaman Ini Dapat Berdampak Positif Bagi Kesehatan

Tanaman hias (BP/IST)

Palembang, BP – Tidak hanya sebagai dekorasi rumah, tanaman hias juga terbukti meningkatkan kualitas udara, sistem kekebalan tubuh, produktivitas dan berdampak positif pada kesehatan mental.

Selain itu, dilansir dari Vogue Australia, Kamis (19/8/21), banyak penelitian telah menemukan bahwa tanaman hias indoor juga membantu menurunkan stres dan memperbaiki tekanan darah serta detak jantung.

Sementara itu para ahli dari Delamere Health,  menjelaskan mengapa berkebun dan merawat tanaman hias dapat sangat bermanfaat bagi kesejahteraan mental dan fisik kita.
“Memanfaatkan energi kreatif Anda dapat mengurangi kecemasan, depresi, stres, dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda secara keseluruhan,” kata para spesialis di Delamere Health.

“Rata-rata orang memiliki lebih dari 6.000 pikiran per hari. Aktivitas kreatif seperti berkebun dapat membantu memfokuskan pikiran dengan menenangkan otak dan tubuh,” tandas mereka.

Berikut ini beberapa tanaman hias yang mampu menenangkan Anda di rumah:

1. Aglonema
Salah satu tanaman hias yang cukup menarik untuk diulas, seperti yang kita ketahui bahwa para pecinta tanaman hias harus merogoh kocek yang lumayan untuk memilikinya namun hal tersebut tidak menyurutkan animo untuk memelihara tanaman yang dipercaya membawa keberuntungan tersebut.
Aglonema dipercaya dapat menyerap racun yang bertebangan di udara secara alami, racun atau udara kotor yang ada di dalam ruangan kerap kali menimbulkan perasaan tidak nyaman.
Selain dapat menyerap racun pada sebuah ruangan aglonema juga dapat membuat suhu ruangan menjadi lembab, tanaman hias yang satu ini dapat membantu sirkulasi udara yang terjadi dalam sebuah ruangan menjadi lebih baik. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Sri Rejeki ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemilliknya, di negara Tiongkok dan Filipina contohnya. Kepercayaan masyarakat di sana percaya bahwa bagi siapapun yang menanam dan merawat tanaman hias tersebut maka hidupnya akan disertai oleh keberuntungan (smile of fortune), sementara di Filipina aglonema memiliki sebutan ‘La Suerte’ yang secara bahasa memiliki makna ‘Good Fortune’ atau keberuntungan.

Baca:  Pemilik Gabus Kuning di Muba: Ikan Akan Dipelihara, Tidak Dijual

2. Monstera
Monstera adalah tanaman hias yang paling dicari para pecinta tanaman akhir-akhir ini. Tak pas rasanya ya jika di rumah sang pecinta tanaman tak ada tanaman satu ini.
Keunikan dari Monstera adalah ia mengeluarkan oksigennya pada malam hari. Jadi sangat aman jika disimpan di dalam ruangan tamu bahkan kamar tidur sekalipun. Bahkan saat ini ruangan yang mempunyai konsep urban jungle tak melewatkan Monstera sebagai tanaman wajib yang harus dipajang di bagian ruangannya.

Oleh karena bentuknya yang unik, maka Monstera berhasil dinobatkan sebagai tanaman yang juara dalam menambah estetika ruangan. Dari segi bentuk, tinggi pohon, lebar daunnya serta perawatannya yang mudah.

Baca:  Pemilik Gabus Kuning di Muba: Ikan Akan Dipelihara, Tidak Dijual

Selain itu menurut kepercayaan kebudayaan Tiongkok, menyimpan tanaman Monstera di rumah mencirikan simbol kemakmuran.

3. Tabaman buah dalam pot (Tabulampot)
Ternyata pohon buah juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Pohon buah bisa ditanam dalam medium pot dan dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah, dinamakan tanaman hias buah dan dapat menimbulkan efek kesehatan fisik dan psikis bagi pemiliknya.
Seperti dilansir dari laman health line. (21/8/21).
Selain dapat menyegarkan udara sekitar, tabulampot juga dapat menyegarkan pandangan mata dan jika berbuah, buahnya dapat di konsumsi bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti tabulampot jambu kristal, tabulampot klengkeng tabulampot buah tin. dan lain-lain.

Baca:  Pemilik Gabus Kuning di Muba: Ikan Akan Dipelihara, Tidak Dijual

4. Bonsai
Tanaman bonsai sudah terkenal keindahannya hingga ke seluruh dunia. Namun, rupanya, bonsai dihadirkan di dalam rumah bukan karena keindahannya saja.
Selain menambah daya tarik estetika rumah bonsai juga memiliki manfaat kesehatan dan psikologis.
Dilansir dari laman urban junggel, (21/8/21) Bonsai dapat membawa begitu banyak kedamaian ke dalam hidup. Karena itulah jika memiliki bonsai, tanaman ini akan menyehatkan jiwa dan raga.
Selain itu bonsai mampu menjernihkan udara dan mengurangi racun yang dapat merusak paru-paru. Bonsai juga dapat meningkatkan rasa sabar dan rileks dalam hidup. Merawat bonsai akan memanfaatkan kepositifan dan membangkitkan semangat yang baik dalam diri.

Demikian beberapa jenis tamanan yang dipercaya dapat meningkatkan pola hidup sehat bagi kita. #rid/net

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...