Ultimate magazine theme for WordPress.

Awas, Kejahatan Dunia Maya Selalu Mengincar!

Palembang, BP- Semakin canggih dunia maya saat ini semakin terbuka peluang bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksi di dunia maya.

Untuk itu Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kota Palembang yang diprakarsai Kemenkominfo RI kali ini mengangkat topik “Bahaya Kejahatan di Ruang Digital” dengan empat narasumber memberikan tips dan pencerahan bagi 484 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan.

Webinar yang digelar Jumat (20/8) pukul 09.00 kali ini pun tetap diselenggarakan gratis bagi para peserta. Bahkan sebaliknya, 10 peserta yang beruntung akan mendapatkan hadiah voucher. Serta E-sertifikat dari Kementerian Kominfo akan diberikan kepada para peserta yang sudah setia mengikuti webinar yang secara nasional sudah dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini.

Moderator Astrid Anggraeni yang kali ini pun memberikan kesempatan terhormat kepada Walikota Palembang H Harnojoyo memberikan sambutan selaku keynote speech.

Yudi Cahyadi, S.Pd., S.Kom., Subdit Siber Polda Sumatera Selatan (Sumsel)  yang menjadi narasumber ketiga pada kesempatan ini selama lebih kurang 20 menit menyajikan materi dengan topik Kejahatan Digital.

Baca:  Belajar Online Anak-Anak Perlu Pendampingan Orang Tua

Berbagai hal dipaparkan Yudi di antaranya Social engineering adalah kejahatan yang memanipulasi psikologi korban, baik disadari atau tidak, agar melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan pelaku. 

 Selanjutnya Metode social engineering yang banyak dilakukan saat ini adalah phising, yaitu upaya penipuan untuk mendapatkan informasi atau data sensitif, seperti nama lengkap, password dan informasi kartu kredit/debit lainnya dengan menyamar sebagai pihak yang dapat dipercaya. Phising yang dilakukan dengan SMS dikenal dengan istilah Smishing. Sedangkan Phising melalui telepon disebut Vishing,” ujar Yudi yang juga pada kesempatan ini mewanti-wanti peserta webinar agar waspada menggunakan wifi di areal fasilitas umum karena sangat berisiko membuka peluang kejahatan digital terjadi melalui perangkat ponsel.

Baca:  Generasi Alpha, Generasi Paling Akrab Dengan Internet Sepanjang Masa

Webinar kali ini juga menampilkan narasumber di antaranya Jangkung Trisanto, Senior Manager Social Media CNN Indonesia TV. Selanjutnya, Adi Firmansyah, SP. MSi., Peneliti Pusat Kajian Resolusi Konflik LPPM IPB University serta Chairul Mukmin, M.Kom., Dosen Universitas Bina Darma dan Pembina Bina Darma Cyber Army.

Wahyu Wiwoho, Senior Anchor Metro TV sebagai key opinion leader tak ketinggalan menyemarakkan webinar lagi ini.

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel diikuti secara daring oleh 484 orang peserta dari kalangan pelajar dan umum.

Baca:  Pembelajaran Online, Guru dan Siswa Harus Aktif

Untuk webinar selanjutnya diselenggarakan, Sabtu 21 Agustus 2021 pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00  dengan tema Berdakwah Indah di Ruang Digital. Narasumber di antaranya Dr Nandang Koswara (Dosen Program Doktoral, Pendakwah, Muhamad Arif Rahmat, SHI (Certified Life Coach), Drs. H. Hermansyah, S. E., M. M. (Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kota Palembang) serta Muhammad Bustomi, M. Pd.I (Wakil Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palembang).

Webinar akan dipandu moderator Nur Ahmad  dengan key opinion leader @chachaannissa (Pembawa berita TvOne, Dosen, Moderator). Berikut link zoom https://us02web.zoom.us/j/6234447160.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...