Ultimate magazine theme for WordPress.

Kesadaran Warga Terapkan Prokes Masih Rendah, Satgas Diturunkan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa

Palembang, BP – Kesadaran warga Palembang dalam menerapkan prokol kesehatan dinilai Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang masih rendah.

Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap Prokes tersebut membuat Pemkot Palembang Sumatera Selatan, menurunkan Satuan tugas Covid-19 di kelurahan.

Satgas Covid-19 bertugas untuk mengedukasi warga kota setempat agar mau menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa juga tidak menafikan jika masih banyak warga yang belum menerapkan Prokes dengan baik.

“Angka penularan virus corona hingga kini masih cukup tinggi, kondisi ini disebabkan masih banyak warga yang belum menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan baik,” katanya, Rabu (19/08).

Ia menambahkan melalui edukasi Satgas COVID-19 yang ada di 107 kelurahan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga dalam menerapkan prokes di kehidupan sosial dan melakukan berbagai aktivitas di luar rumah.

Ratu Dewa mengatakan bahwa kunci pencegahan penularan virus corona adalah dengan menerapkan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan/jaga jarak, serta melindungi diri dengan vaksin.

Namun berdasarkan pengamatan pihaknya di lapangan, prokes tersebut masih banyak yang belum menerapkannya dengan baik, ujarnya.

Menurut Ratu Dewa, selain melakukan edukasi, Satgas Covid-19 tersebut diharapkan juga dapat membantu warga yang menjalani isolasi mandiri, mengawasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan upaya pencegahan lainnya.

Selanjutnya ia berharap Satgas Covid-19 bisa mendorong warga yang masuk dalam daftar prioritas vaksin untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Puskesmas dan sejumlah fasilitas kesehatan lainnya.

Ia menyebut selama ini satgas tingkat kelurahan itu sudah melakukan hal yang menjadi tugasnya tersebut termasuk melakukan 3T, yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

“Dengan memaksimalkan Satgas Covid-19 di kelurahan diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan warga dan memutus rantai penyebaran virus corona dan kesadaran mengikuti vaksinasi untuk mendukung terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) dari serangan COVID-19,” tandasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...