Ultimate magazine theme for WordPress.

Mengenang Soegiarin, Sosok Jurnalis Yang Berjasa Menyiarkan Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke Seluruh Dunia

Soegiarin, Sosok Jurnalis Yang Berjasa Menyiarkan Berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke Seluruh Dunia

Palembang, BP – Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia menjadi momentum tempat untuk kembali mengenang kisah-kisah heroik berbagai tokoh yang ikut andil dalam proses tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Salah satu tokoh yang berperan dalam peristiwa Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 yaitu Soegiarin.

Soegiarin merupakan sosok wartawan kelahiran Grobogan, 13 Juli 1918, yang berperan menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, ke seluruh dunia.

Soegiarin membantu menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan oleh Soekarno dengan sandi morse yang ia kuasai.

Menurut catatan sejarah, Soegiarin pernah mengenyam pendidikan Sekolah Pelayaran di Surabaya.

Bekerja sebagai wartawan untuk Kantor Berita Domei, Soegiarin mendapat perintah dari Adam Malik, yang pada saat itu merupakan pimpinannya di Domei.

Saat berita kemerdekaan dikumandangkan, Soegiarin disuruh Adam Malik, Menteri Luar Negeri saat itu, untuk menyiarkan berita Kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia.

Namun untuk bisa menyebarkan berita itu, ia harus menyelinap ke Kantor Domei, stasiun radio milik Jepang, yang dijaga ketat oleh tentara Jepang.

Dengan keahliannya menerjemahkan sandi morse, dia berhasil mengirim kemerdekaan Indonesia ke luar negeri.

Adik Soegiarin yang masih hidup yakni Soegiyarno melalui YouTube Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan kebanggaannya kepada sang kakak yang sudah berani demi kemerdekaan tanah air Indonesia.

“Yang kita banggakan itu keberanian Mas Soegiarin masuk di kantor Domei menyiarkan berita ini ke luar negeri, Mas Ganjar. Dan kita bangga dia adalah orang satu-satunya di Jawa Tengah yang menyiarkan berita itu,” kata Soegiyarno, dikutip dari YouTube Ganjar Pranowo, Minggu (15/08).

Setengah jam setelah Sang Proklamator Indonesia membacakan naskah kemerdekaan, Soegiarin pun telah menerima salinan naskah dan bersiap pasang kuda-kuda morse.

Morse berita kemerdekaan Indonesia disiarkan dan langsung diterima kantor berita negara-negara di dunia.

Melalui kecerdikan dan tangan gesit Soegiarin, berita kemerdekaan Indonesia didengar negara-negara lain dan diperkuat dengan penyataan PBB.

Seogiarin dimakamkan di pemakaman keluarga blok Makam Kadipaten Gunung Brintik, TPU Bergota, Semarang. Pada makam Soegiarin terpampang prasasti bertuliskan “Di Sini Dimakamkan Markonis Soegiarin, Penyiar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia”.

Setiap tahun menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, makam Soegiarin kerap diziarahi untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa seorang pahlawan dari dunia pers demi kemerdekaan Indonesia. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...