Ultimate magazine theme for WordPress.

BSU Sudah Cair, BPJAMSOSTEK Sumbagsel Minta Peserta Cek di Kanal Resminya

Palembang, BP–Pemerintah sudah mulai melakukan pencarian dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) pada pekan lalu bagi pekerja yang terdaftar sebagai penerima manfaat BSU.

Setidaknya sebanyak 1 juta data pekerja tahap pertama yang disampaikan oleh BPJAMSOSTEK sudah menerima dana BSU.

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah Sumatera Bagian Selatan meminta peserta untuk memanfaatkan kanal layanan daring terkait pencairan dana BSU.

Seperti dikutip dari ANTARA, Deputi Direktur Wilayah BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Kanwil Sumbagsel) Surya Rizal di Palembang, Minggu, mengatakan pekerja yang terdaftar sebagai peserta dapat mengecek secara mandiri apakah dirinya berhak mendapat bantuan subsidi upah (BSU) atau tidak.

“Pemerintah sudah mulai mencairkan bantuan subsidi upah ke rekening para pekerja. Peserta dapat mengecek di website resmi BPJAMSOSTEK,” ujarnya.

Surya menjelaskan bantuan BSU tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada para pekerja yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 967.149 pekerja di Sumbagsel yang menjadi peserta aktif BPJAMSOSTEK.

Namun demikian, pihaknya tidak bisa memerinci berapa banyak peserta di wilayah itu yang berhak mendapat BSU.

Oleh karena itu, Surya menuturkan setiap peserta bisa mencek langsung apakah termasuk calon penerima BSU.

Menurut Surya, kanal informasi daring yang disediakan juga untuk memudahkan peserta selama masa PPKM dan agar tetap sesuai protokol kesehatan.

Selain melalui website resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id, peserta yang sudah memiliki akun aplikasi BPJSTKU bisa melakukan akses melalui situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, disitu ada menu Bantuan Subsidi Upah, atau bisa juga melalui microsite bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Kemudian, kanal lainnya yang dapat diakses oleh peserta adalah melalui layanan Whatsapp di nomor 081380070175, atau melalui Layanan Masyarakat di nomor telepon 175, halaman media sosial resmi BPJS Ketenagakerjaan pada Facebook dan Twitter melalui menu Direct Message (DM).

“Kanal terakhir adalah kantor cabang BPJAMSOSTEK terdekat dengan membawa serta identitas diri (KTP) dan kartu peserta. Akan tetapi kami tetap mengimbau untuk memanfaatkan kanal nonfisik terlebih dulu,” katanya.

Pada tahun 2021 ini dana BSU akan diberikan kepada total 8 juta pekerja yang terdampak.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 16 Tahun 2021, bahwa pekerja calon penerima dana BSU adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta, berada di wilayah PPKM Level 3 dan 4, serta bukan pekerja yang merupakan penerima bantuan sosial lainnya dari pemerintah, seperti Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan, dan Bantuan Produktif Usaha Mikro. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...