Ultimate magazine theme for WordPress.

Serba Digital Menuntut Guru Kreatif

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 di Palembang, Sabtu (14/8).(BP/IST)

Palembang, BP- Semua serba digital. Begitupun dunia pendidikan. Mengajar digital, bikin bahan pelajaran digital, bikin PR (pekerjaan rumah) digital, kursus digital, bahkan akreditasi juga digital. Pun sebagai seorang pendidik atau guru, di era digital seperti saat ini dituntut untuk kreatif.

“Guru kreatif mampu menghadirkan cinta pada profesinya dan kepada para peserta didik,” tutur Drs Sugiyono MM, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Palembang saat menjadi narasumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 di Palembang, Sabtu (14/8).

Webinar kali ini mengangkat tema “Menjadi Pendidik Kreatif di Era Digital” dipandu moderator Muhammad Habib Hidayatullah. Selain Sugiono, tampil secara bergilir tiga narasumber lainnya yakni Aulias Siska SSos (Founder Yayasan Graha Kupu, Master Mentor Sigap UMKM), Nida Nidiana (Higher Primary Academic Coordinator Sekolah Madania) dan Hayatun Nufus MPd (Dosen Universitas PGRI Palembang).

Seperti webinar-webinar sebelumnya, webinar kali ini dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh moderator Muhammad Habib Hidayatullah. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Baca:  Pandemi Covid-19, Akses Media Digital Bermanfaat Untuk Promosi Budaya

Kemudian, keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut. Selain itu, turut hadir menghangatkan dan memotivasi peserta webinar yakni Joddy Caprinata (Founder & COO of Bicara Project) sebagai Key Opinion Leader (KOL).

Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, pemandu acara mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Baca:  Hati Hati, Maraknya Kejahatan Ala Phising

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel diikuti secara daring oleh 1296 orang peserta dari kalangan pelajar dan guru.

Untuk webinar selanjutnya diselenggarakan Rabu (18/8) dengan tema “Menjadi Pendidik Cerdas dan Cakap Digital” yang bakal menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain

Baca:  Kedepankan Etika Berbahasa di Era Digital

Ninuk Wiliani SSi MKom (Dosen dan Youth Education Observer), Uli Hartati Panggabean (Blogger, Content Creator), Dra Maria Magdalena Estri Murwani MSi (Kepala SMA XAVERIUS 1 Palembang) dan Nur Aslamiah Supli BIAM MSc (Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya).#osk

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...