Ultimate magazine theme for WordPress.

Kedepankan Etika Berbahasa di Era Digital

Suasana Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kota Palembang, Kamis (12/8).(BP/IST)

Palembang, BP- Bahasa yang baik dan benar menjadi kunci dalam mengedepankan etika berbahasa pada era digital demikian dikemukakan  H Moses Ahmad, S.Pd.M.M, salah satu narasumber pada Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kota Palembang, Kamis (12/8).

Ia  berbagi tips hal-hal yang harus diperhatikan ketika berada di ruang umum dan ruang digital. “Kita harus memahami keberadaan orang lain, Taat terhadap tatanan kehidupan dengan mengedepankan norma sopan santun (menjunjung norma kesopanan), Berpikir sebelum , Menjaga ruang digital yang sehat misalnya membagikan sesuatu yang bermanfaat, “ kata  Kepala SMAN 1 Palembang.

H Moses juga menyebutkan bahwa hal lain yang perlu diperhatikan dalam berbahasa ketika berada di ruang digital yaitu jadilah pembawa kedamaian dalam dunia digital. Ia juga menyarankan agar menghormati semua hal yang bersifat pribadi. “Jadilah orang yang selalu menghargai orang lain,” kata H Moses yang pada kesempatan ini membawakan topic tentang Berbahasa yang Benar dan Beretika di Ruang Digital selaras dengan tema Webinar yang secara nasional sudah dibuka Presiden Jokowi yaitu “Mari Berbahasa Yang Benar dan Beretika di Ruang Digital.

Webinar yang digelar Kemenkominfo di periode pertengahan Agustus 2021 ini masih tetap digelar gratis, diberikan voucher menarik pada 10 peserta serta diberikan e-Sertifikat dari Kementerian Kominfo bagi peserta webinar. Webinar berlangsung sejak pukul 09.00 sampai pukul 12.00  ini dipandu moderator  Kartika Sari dengan penyemarak acara selaku key opinion leader rumah makan Legoh.

Baca:  Dompet Digital Harus Jadi Sesuatu Yang Menguntungkan

Sebelumnya Walikota Palembang H Harnojoyo membuka acara dengan keynote speechnya.

Adapun para narasumber webinar kali ini di antaranya Masrizal Umar, ST (Chief Marketing Officer PT Spirit Inti Abadi),  Dionni Ditya Perdana, M.I.Kom (Akademisi dan Penggiat Literasi Digital), H. Moses Ahmad, S.Pd., M.M. (Kepala SMAN 1 Palembang) serta Hafidz Al Furqan, S.I.Kom/@dagucoklat (Duta Bahasa Sumsel 2020/Kreator Konten) yang membawakan topik tentang Etika Milenial Berbahasa di Dunia Digital.

Baca:  Hati Hati, Maraknya Kejahatan Ala Phising

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel secara terpisah menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel kali diikuti 1.305 peserta dari kalangan umum dan dunia usaha. “Alhamdulilah, webinar kali ini pun pesertanya ramai yaitu di angka 1.305 orang peserta. Semoga mereka mendapatkan banyak manfaat dengan mengikuti kegiatan webinar ini,” kata Suryati.

Selanjutnya webinar akan digelar kembali pada Sabtu, 14 Agustus 2021 dengan waktu yang sama yaitu pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan tema “Menjadi Pendidik Kreatif di Era Digital” dengan menampilkan beberapa narasumber di antaranya

Baca:  InI Tips dan Trik Jadi Youtuber Positif dan Produktif

Resista Vikaliana, S.Si., M.M (Akademisi Bid. Manejemen , Penulis Buku, Penggiat Taman Bacaan KBM), Nida Nidiana (Higher Primary Academic Coordinator Sekolah Madania) , Drs. Sugiyono, M.M. (Kepala SMA N 3 Palembang) serta Hayatun Nufus, M.Pd (Dosen Universitas PGRI Palembang). Acara akan dipandu moderator M. Habib Hidayatullah,Key Opinion Leader @joddycaprinata (Founder & COO of Bicara Project) serta keynote speech Walikota Palembang H Harnojoyo.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...