Ultimate magazine theme for WordPress.

Manfaatkan Media Digital Untuk Kenalkan Budaya Indonesia

Suasana Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di kota Palembang, Rabu (11/8).(BP/IST)

Palembang, BP- Media digital dapat menjadi wadah untuk menyebarluaskan informasi mengenai budaya bangsa Indonesia dalam bentuk apa pun dengan mudah dan cepat.

Demikian dikemukakan Adiguna, S. T., M. T. Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Palembang yang menjelaskan,  internet  bisa menjadi salah satu sarana promosi memperkenalkan budaya khususnya budaya Palembang. “Saat ini di era digital sangat tepat menggunakan internet sebagai fasilitas efektif. Apalagi situasi pandemi sedang melanda sehingga media promosi sampai ke mancanegara bisa dilakukan dengan memanfatkan internet,” kata Adiguna saat menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di kota Palembang, Rabu (11/8).

Dalam pemaparan yang dipandu moderator, Sonnaria, Adiguna selama 20 menit memaparkan berbagai hal di antaranya upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka memperkenalkan budaya di antaranya, Menstimulasi upaya pelestarian budaya lokal melalui penelitian, Menggelar berbagai kegiatan dengan background atau tema budaya local, Menarik partisifasi berbagai kalangan baik dunia pendidikan (sekoah dasar hingga pendidikan tinggi) dan dunia usaha melalui sinergi pariwisata dan dunia usaha.

Selain itu, menurutnya, warisan budaya yang memiliki nilai filosofi, kearifan lokal dan keterampilan teknologi, arsitektur tradisional Sumatera Selatan dapat dipelajari dan dikembangkan walaupun dengan konteks masa kini yang adaptif dengan lingkungannya.

Baca:  Media Daring Menuntut Pendidik Kreatif

Webinar dibuka oleh Walikota Palembang H Harnojoyo sebagai keynote speech  dan juga menampilkan narasumber lain seperti  Arief Wicaksono yang merupakan  Finance and Accounting Manager dan juga sebagai Pehobi Foto.

Selanjutnya, narasumber yang selalu setia di setiap webinar yang digelar Kemenkominfo yaitu Dr. Lisa Adhrianti, M.Si, Dosen Universitas Bengkulu yang  juga sebagai anggota Japelidi. Dr Lisa pun dengan bersemangat memberikan berbagai tips bagaimana menangkal penipuan di dunia maya. Tips cerdas berinternet juga dibagikan Dr Lisa.

Baca:  Pendidik di Tuntut Cerdas dan Cakap Digital

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Ir. H. Kemas Isnaini Madani, M. TP yang merupakan juru kunci narasumber pada webinar kali ini. Ir Isnaini Madani memaparkan kondisi pariwisata di kota Palembang yang sangat berdampak pada masa pandemi ini.

“Namun kita tidak boleh putus asa. Tetap semangat mempromosikan, memperkenalkan budaya Palembang yang sangat beragam. Dunia pariwisata sebetulnya andalan untuk sector PAD kalau situasi tidak pandemi. Makanya kita harus tetap semangat. Kota Palembang di bawah kepemimpinan Walikota Palembang H Harnojoyo, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda serta dibantu perangkat di pemerintahan terus berupaya bagaimana menjadi daerah tujuan wisata andal di Indonesia. Upaya kita tentu tak lepas dari dunia maya, internet sebagai salah satu saranannya,” kata Isnaini.

Webinar kali ini menampilkan juga Dieva – Ipeh, designer yang juga menjadi penyemangat para peserta webinar yang kali ini tercatat 333 peserta.

Baca:  Kunci Sukses Pembelajaran Daring

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel kali diikuti 333 peserta dari kalangan umum dan dunia usaha. Selanjutnya webinar akan digelar kembali, Kamis 12 Agustus 2021 pukul 09.00 -12.00  dengan tema “Mari Berbahasa yang Benar dan Beretika di Ruang Digital dengan menampilkan beberapa narasumber seperti Masrizal Umar, ST (Chief Marketing Officer PT Spirit Inti Abadi), Dionni Ditya Perdana, M.I.Kom (Akademisi dan Penggiat Literasi Digital), H. Moses Ahmad, S.Pd., M.M. (Kepala SMAN 1 Palembang) dan Hafidz Al Furqan, S.I.Kom/@dagucoklat (Duta Bahasa Sumsel 2020/Kreator Konten) yang dipandu Moderator Kartika Sari dengan Key Opinion Leader @rmlegoh (Owner @rmlegoh).#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...