Ultimate magazine theme for WordPress.
Muba 23 Juli – Masker

Dodi Reza Bangun Jembatan Penghubung Antar Desa Hingga Kabupaten

Muba, BP- Meski masih dihadapkan pada pandemi COVID-19, namun pembangunan infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin terus bertambah dan berjalan.

Pembangunan infrastruktur teranyar yakni jembatan penghubung antara desa Teluk Kijing 2 dan Desa Rantau Kroya, Kecamatan Lais (Jembatan Rako) yang dianggarkan pada tahap 1 pada 2019, tahap 2 pada 2020 dan tahap 3 tahun 2021 dengan kucuran anggaran sebesar Rp. 24.899.608.000 dari dana APBD TA 2021. Pembebasan lahan untuk pangkal jembatan hingga akses jalan ke jembatan tersebut akan dituntaskan di anggaran APBD P 2021.

“Jembatan yang bakal membentang di atas Sungai Musi tersebut direncanakan sepanjang 360 meter. Tidak hanya menjadi penghubung dua desa tapi juga menjadi akses pendekat menuju kawasan Air Hitam, Kabupaten Pali,” ungkap Kadis PUPR Muba, Herman Mayori ST MT.

Baca:  Update COVID-19 Muba: 2 Kasus Sembuh, Nihil Kasus Positif, 1 Meninggal Dunia

“Ada 8 pemilik lahan, dua di sisi Rantau Kroya dan 6 di sisi Teluk Kijing 2. Luasan lahannya yang akan dibebaskan sekitar 14 ribu meter persegi, dianggarkan di ABT sekitar oktober atau November nanti,” beber Herman.

Dikatakanya, proses pengerjaan sendiri akan dilakukan bertahap, dari tahun 2019, 2020 dan untuk tahun 2021 ini pihaknya akan menuntaskan pembangunan tiang pancang jembatan melanjutkan pembangunan sebelumnya.

Baca:  Update COVID-19 Muba: Bertambah 7 Kasus Sembuh, 48 Positif

“Setelah di cek, ternyata struktur tanahnya merupakan batubara. Gak bisa di pancang, jadi dirubah disainnya, pengerjaan perubahan desain berlangsung 4 bulan dan selesai Juni tadi, makanya sekarang baru kita lanjutkan pekerjaannya. Ditargetkan pengerjaannya rampung 130 hari kalender,” bebernya.

“Untuk pembangunan rangka jembatan akan dilakukan tahun depan, yang jelas komitmen pak Bupati jembatan ini akan dituntaskan pada tahun 2022,” tukas Herman.

Arman, salah satu pemilik lahan mengaku senang akan adanya kepastian pembebasan lahan dan dilanjutkannya pembangunan jembatan.

“Terus terang kami sangat senang dengan rencana pembangunan jembatan ini. Pak Bupati telah mengabulkan mimpi kami selama ini,” ucapnya.

Baca:  Bupati DRA Safari Jum'at di Keluang dan Resmikan Masjid Jami' Cipta Praja

Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengajak warga Lais untuk turut andil mendukung penyelesaian pembangunan jembatan tersebut. “Dengan harapan penyelesaiannya tepat waktu dan dengan keberadaan jembatan ini nantinya dapat lebih memudahkan aktifitas warga setempat,” pungkas Kepala Daerah Inovatif itu.

Hadir dalam peninjauan tersebut, Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan, Irvan ST, Camat Lais, Demoon Herdian Eka Suza, Kapolsek Lais AKP Herman Junaidi, Pjs Kades Teluk Kijing 2 Nazaruddin serta sejumlah pemilik lahan.#

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...