Ultimate magazine theme for WordPress.

Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Level 4, Kemenkes Tingkatkan Jumlah Testing Covid-19

Palembang, BP – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 resmi diperpanjang hingga 9 Agustus 2021.

Perpanjangan PPKM Level 4 ini langsung diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui unggahan video di akun Instagram resminya pada Senin (02/08) malam hari.

Terkait hal itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan pihaknya akan fokus meningkatkan jumlah pemeriksaan atau testing kasus Covid-19.

“Kami Kementerian Kesehatan akan konsentrasi untuk meningkatkan jumlah testing untuk men-support protokol kesehatan dan perubahan level PPKM-nya,” kata Budi saat konfrensi pers secara daring, Senin (02/08).

Menurut Budi, testing sangat menentukan dalam memerangi pandemi Covid-19 dengan begitu penyebaran kasus dapat segera dihentikan.

“Jumlah testingnya ini akan sangat menentukan. Kami akan usahakan sebagian besar testing ini berdasarkan dari pelacakan kontak erat yang sekarang sedang diaktifkan, baik di Jawa dan Bali maupun di luar Jawa-Bali,” tuturnya.

Budi juga mengatakan terkait peningkatan kasus di luar Pulau Jawa pihaknya akan mereplikasi sejumlah langkah yang sebelumnya telah dilakukan di beberapa daerah dalam waktu sebulan terakhir.

Meskipun daerah yang ada diluar Pulau Jawa tergolong tidak terlalu besar populasinya namun tetap memiliki kesulitan tersendiri untuk di selesaikan.

“Kompleksitasnya lebih besar karena jangkauan dan pulaunya yang berbeda-beda,” ucapnya.

Seperti diketahui sebelum PPKM Darurat, angka rata-rata testing per hari mencapai 70 ribu. Angka tersebut menglami peningkatan hingga rata-rata testing mencapai lebih dari 200 ribu per hari.

Namun, angka testing akan terus ditingkatkan, pasalnya Presiden Joko Widodo menargetkan spesimen yang diperiksa per hari mencapai 400 ribu. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...