Ultimate magazine theme for WordPress.

Menko Perekonomian Airlangga Beberkan 4 Kota/Kabupaten Paling Rendah Menerapkan Prokes, Salah Satunya Musi Rawas

Palembang, BP – Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan(Sumsel) masuk kedalam empat daerah dengan tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang rendah.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Airlangga Hartarto yang menyebut Keempat daerah yang paling rendah prokesnya adalah, Padang, Sorong, Kabupaten Musi Rawas dan Jayapura.

“Kita melihat berdasarkan data Satgas Covid-19 terkait pemantauan perilaku ini kita lihat penggunaan masker ada beberapa yang tingkat prilaku yang rendah yang ditetapkan dalam 4 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 yaitu Padang, Sorong, Kabupaten Musi Rawas dan Jayapura,” kata Airlangga saat konfrensi pers secara daring, Senin (02/08).

Meski demikan terdapat sejumlah daerah yang memiliki tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang tinggi yang mencapai 91-100 persen.

“Sedangkan yang teringgi adalah Kabupaten Mimika, Bontang, Pekanbaru, Lubuk Linggau dan Bulungan,” tuturnya.

Selain itu Airlangga juga menyatakan terjadi peningkatan kasus Covid-19 di 20 provinsi diluar Pulau Jawa-Bali.

“Yang naik adalah 20 provinsi di mana yang tertinggi adalah Provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, Kalimantan Barat,” kata Airlangga.

Namun, kata Airlangga ada beberapa provinsi yang juga mengalami penurunan angka kasus seperti di NTT kecuali di Kabupaten Sikka, Lampung, NTB, Maluku, Maluku utara, Papua Barat, Kepri dan Kalteng.

Terkait dengan peningkatan kasus tersebut, ada 21 provinsi 45 kabupaten/kota yang akan melanjutkan PPKM level 4.

Oleh sebab itu, Airlangga menuturkan pemerintah akan fokus memberikan perhatian terhadap wilayah tersebut untuk mencegah penularan.

Adapun sejumlah kota yang mengalami peningkatan kasus diantaranya adalah Kota Medan, dan Makassar.

“Karena Kota Medan hampir selurh menjadi rujukan di Sumut. Kemudian Kota Makassar, Kota Banjarmasin, Pekanbaru, Banjarbaru, Tarakan dan Jayapura,” ucapnya.

Sedangkan untuk kabupaten ada di Kabupaten Sikka, Kabupaten Berau dan Belitung.

“Ini adalah daerah-daerah yang kenaikannya tinggi dan pemerintah memberikan prioritas pada dearah-daerah tersebut,” tandasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...