Ultimate magazine theme for WordPress.

Belajar Online Anak-Anak Perlu Pendampingan Orang Tua

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (2/8).(BP/IST)

Palembang, BP- Belajar online anak-anak dibutuhkan pendampingan dari orang tua saat anak belajar online. Kendati demikian, ternyata tidak mudah bagi orang tua untuk sukses mendampingi anak belajar di rumah.

Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Palembang, Hj Hastia SPd MSi secara gamblang membeberkan empat penyebab sulitnya orang tua mendampingi anak belajar di rumah. Penyebab pertama kenapa sulitnya mendampingi anak saat sedang belajar di rumah yakni rutinitas sehari-hari mengalami perubahan ekstrim.

“Penyebab kedua, sebagian besar anak akan sangat manja ketika di rumah. Ketiga, orang tua sulit memahami materi pembelajaran dari sekolah. Dan terakhir, guru hanya memberikan tugas dan tidak pernah menjelaskan,” kata Hastia dalam makalah virtual berjudul Kiat Belajar di Masa Pandemi yang disampaikan dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (2/8).

Selain Hastia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) selaku penyelenggara webinar dengan tema “Tips Dampingi Anak Belajar di Era Pandemi” juga menghadirkan tiga narasumber yang tak kalah berkompeten yakni Sulastry Pardede MPsi (Psikolog Klinis), Santy Muliasusanty SPi (Staf Litbang Sekolah Kreativa), dan Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Palembang Hj Etty Yuniarti SE MM.

Baca:  Pelajaran Agama Tak Lagi Menegangkan Karena Ada Literasi Digital

Lebih lanjut Hastia “membocorkan” perihal kiat belajar online di masa pandemi yang efektif kita terapkan di rumah. Antara lain carilah tempat nyaman, manajemen waktu, dan siapkan perangkat yang dibutuhkan. “Selanjutnya diskusi, komunikasi dengan guru dan teman belajar, serta jaga kebersihan,” katanya.

Narasumber keempat yakni Ketua Himpaudi Kota Palembang Hj Etty Yuniarti membeberkan beberapa strategi orang tua dalam pendampingan belajar di era pandemi. Antara lain membangun komunikasi yang baik, membangun keterampilan baru, serta menciptakan sistem belajar yang mendukung dan menyenangkan.

“Orang tua dapat menyediakan akses untuk belajar, menetapkan jam tertentu untuk anak bisa konsentrasi belajar, bekerja sama dengan seluruh anggota keluarga tentang konsep belajar di rumah bagi anak. Dan belajar dapat dilakukan dengan bermain yang menyenangkan,” katanya.

Webinar ini sendiri dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh moderator Edwina Bernita. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI.

Baca:  Dunia Digital Buat Bisnis Jadi Mudah

Kemudian, keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut. Selain itu, turut hadir menghangatkan suasana dan memotivasi peserta webinar yakni Tommy Ristianto, seorang public speaker yang juga pernah memandu Debat Calon Presiden (Capres)- Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2019 sebagai Key Opinion Leader (KOL).

Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, moderator Edwina Bernita mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Pelaksanaan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital periode Agustus 2021 yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informati Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), Senin (2/8) diikuti peserta yang kembali membludak. Kendati belum melampaui jumlah peserta yang mengikuti Webinar Sabtu (31/7) kemarin yakni sebanyak 3586 orang dari kalangan pelajar dan guru. Webinar kali ini diikuti 1198 orang peserta dari kalangan orang tua, guru dan anak didik.

Alhamdulillah, (jumlah peserta) kembali membludak. Keempat narasumber semua hadir menyampaikan paparannya masing-masing,” kata Suryati, runner Litarasi Digital Wilayah Sumatera 1, Sumsel-Palembang dibincangi usai webinar.

Baca:  Awas, Kejahatan Dunia Maya Selalu Mengincar!

Untuk webinar selanjutnya diselenggarakan Rabu (4/8), sambung Suryati, pihaknya bakal mengangkat topik “Tantangan dan Peluang Pembelajaran Jarak Jauh di saat Pandemi Covid-19” dengan sasaran peserta dari kalangan mahasiswa dan dosen. “Kita juga akan mengundang empat narasumber berkompeten antara lain Donny Prayudi Nugroho (Chief of Academic Officer NUEFA Digital Campus, Founder Jelajah Semesta Academy), Dr Ir Soni Trison SHut MSi (Akademisi Institut Pertanian Bogor), Dr Meita Istianda SIp MSi (Direktur Universitas Terbuka Palembang) dan Drs Surmana MM (Sekretaris YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel). #osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...