Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Air Garam Hangat Untuk Infeksi Virus Saluran Pernapasan

Palembang, BP – Garam ternyata memiliki manfaat lain disamping fungsinya menambah rasa pada masakan.

Garam juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk pengobatan influenza.
Air garam disebut terbukti oleh penelitian medis dapat membantu mencegah flu semakin parah.

Diketahui influenza merupakan penyakit
infeksi virus akut dan menular yang menyerang saluran pernapasan.
Virus ini menyebar melalui udara dan kontak fisik seperti bersalaman dengan penderita influenza.

Jika tidak diobati, penyakit ini dapat memicu kekambuhan dan penyakit penyerta seperti asma atau infeksi sekunder karena bakteri.

Dilansir dari NCBI, studi dari University of Michigan Medical Center, Amerika Serikat menemukan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan gejala influenza seperti hidung yang tersumbat akibat lendir.

Bahkan dalam hadist Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib RA.
Rasulullah SAW bersabda, ” Ya Ali, mulailah makan dengan garam dan akhirilah dengan garam pula, karena dalam garam terkandung obat dari tujuh puluh macam penyakit, di antaranya adalah gila, kusta, lepra, sakit perut (segala macam penyakit yang berkaitan dengan perut) dan sakit gigi.”

Namun ada beberapa orang yang tidak tahan dengan rasa asinnya dan juga beberapa orang yang beranggapan garam dapat meningkatkan darah tinggi.
Tidak mesti di minum, garam juga bisa di buat sebagai obat dengan cara berkumur.

Garam bisa dikonsumsi dengan air hangat dan memiliki banyak manfaat. Air garam hangat termasuk obat alami yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Tentunya, hal ini berlaku bila dikonsumsi dalam batas wajar.

Inilah beberapa manfaat air garam dengan air hangat yang dilansir dari mayo clinik dan sumber lainnya :
1. Meredakan Sakit Tenggorokan
Manfaat air garam yang pertama adalah bisa meredakan adanya gejala sakit pada tenggorokan. Sakit tenggorokan terjadi karena adanya virus atau bakteri. Biasanya kondisi ini akan membuat kamu merasa sakit ketika menelan makanan. Berkumur dengan air garam hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Cara membuatnya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat. Lakukan cara ini sambil menjalani pengobatan yang diberikan dokter guna membantu pemulihan agar semakin optimal.
2. Mengatasi Sinus
Manfaat air garam hangat selanjutnya yaitu mengatasi gejala sinus, pilek, dan alergi. Mencuci hidung menggunakan air garam dapat membantu menjaga saluran hidung terbuka sehingga dapat menghilangkan lendir kental yang sudah mengering, membersihkan sinus, menghilangkan bakteri berlebih, dan membuat hidung terasa lebih nyaman.
3. Detoksifikasi
Minum air garam hangat termasuk cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ internal dalam jangka panjang. Minum segelas air garam hangat sebagai minuman pertama untuk menyambut pagi hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal bisa kamu coba.
4. Menyembuhkan Penyakit Liver
Air garam juga memiliki manfaat lain yang mampu untuk bertarung melawan penyakit liver. Kemampuan air garam ketika masuk dalam tubuh adalah meregenerasi sel-sel hati yang rusak karena berbagai alasan seperti sirosis. Hal tersebut sangat baik untuk pengobatan penyakit liver.
5. Memperbaiki Kualitas Tidur
Garam dapat mengurangi pengaruh kortisol dan adrenalin dalam darah yang memainkan peran besar dalam menyebabkan stres dan ketegangan. Manfaat air garam hangat mampu mengelola tingkat hormon ini sehingga dapat memberikan kamu kualitas tidur yang baik. Oleh karena itu, ketika kamu mulai susah tidur kamu hanya perlu minum air garam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.
6. Melawan Infeksi
Air garam terkenal dengan kemampuannya untuk bertarung melawan bakteri dengan menarik kadar air dari sel-sel bakteri. Hal ini akan menyebabkan bakteri hancur saat itu juga. Untuk itu, ketika kamu sedang sakit sebelum kamu pergi ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik dilakukan terapi minum atau berkumur air garam terlebih dahulu.
Itulah beberapa manfaat air garam hangat yang perlu kamu ketahui.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa biasakan minum segelas air garam hangat setiap pagi agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal, tentu saja dengan takaran yang tidak berlebihan. #rid/net

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...