Ultimate magazine theme for WordPress.

Disinari Cahaya Kebaikan, Ini 6 Manfaat Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat

Palembang, BP – Membaca Surah Al-Kahfi merupakan salah satu ibadah yang disunnahkan di hari Jumat karena didalamnya ada keberkahan besar dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Surah Al-Kahfi termasuk dalam golongan surat Makiyyah. Sebab, diturunkan di kota Mekkah. Adapun Manfaat membaca surat Al-Kahfi berkaitan erat dengan sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkannya.

Keutamaan membaca Surah Al-Kahfi di hari Jumat salah satunya dapat hindarkan umat Islam dari fitnah Dajjal.

Sebagaimana Hadis dari Abu Darda’, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” (HR. Muslim).

Selain itu masih banyak keutamaan membaca Surah Al-Kahfi lainnya, berikut 6 manfaat membaca Surah Al-Kahfi di hari jum’at.

  1. Mendapatkan Rida Allah SWT

Rida Allah SWT merupakan salah satu tujuan terpenting yang dicari oleh umat muslim. Sebab, rida Allah dapat membuat hidup manusia terasa lebih tenteram dan damai.

Dalam hadis riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

  1. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT

Setiap manusia pasti tak luput dari dosa dan khilaf. Begitulah lihainya setan dalam menjebak manusia untuk berdosa kepada Allah agar mereka kelak mendapat teman-teman di neraka Jahanam. Na’udzubillah.

Untuk itulah, manusia harus senantiasa bertaubat agar Allah mengampuni dosa-dosa kita dan tidak memasukkannya ke neraka Jahanam, seburuk-buruk tempat kembali di akhirat kelak.

Salah satu waktu yang paling baik saat memohon ampunan kepada Allah adalah di hari Jum’at, dengan taubatan nasuha yang tulus, serta membaca surat Al Kahfi.

Dalam sebuah riwayat Dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., “Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.”

  1. Disinari Cahaya Kebaikan

Selain dihapuskan dosanya, umat muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat atau hari lain, juga akan diberikan pahala dan ganjaran serta disinari cahaya kebaikan. Selain itu, diberkahi pula dengan syafaat di hari pembalasan sebagaimana keutamaan membaca surat Ar-Rahman.

Hal ini tertera sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Hadid ayat 12 yang artinya:

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.”

  1. Terhindar dari Gangguan Setan

Setan dan segala keburukan yang dibawa olehnya adalah sebuah ancaman hidup yang harus kita waspadai. Karena jika kita telah jatuh dalam bujuk rayu setan dan termakan oleh semua godaannya, maka kita akan menjadi pengikut setan dan tergelincir dalam keburukan.

Kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan meminta perlindungan dari setan dan segala keburukan kepadaNya. Salah satu cara melindungi diri dari godaan setan dan segala keburukannya, menurut anjuran Rasulullah SAW adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at atau di hari Jum’at.

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...