Ultimate magazine theme for WordPress.

Mewujudkan Misi IKM Yang  Berdaya Saing Tinggi di Era Digital

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1, Sumatera Selatan (Sumsel)-Palembang, Rabu (28/7).  (BP/IST)

Palembang, BP- Salah satu Misi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang yakni mewujudkan ekonomi kerakyatan yang inovatif dan kreatif serta berdaya saing tinggi. Sebagai upaya untuk mewujudkan misi tersebut, Pemkot Palembang memberikan sejumlah kemudahan dan fasilitas kepada industri kecil dan menengah (IKM) terutama di era digital seperti saat ini.

“Kemudahan dan fasilitas tersebut antara lain rekomendasi penerbitan Izin Usaha Industri (IUI) melalui DPMPTSP Kota Palembang. Pemberian rekomendasi dalam pengajuan pendaftaran HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) dengan KemenkumHAM RI,” urai Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang Novran Hansya Kurniawan SSTP saat menjadi narasumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1, Sumatera Selatan (Sumsel)-Palembang, Rabu (28/7).

Fasilitas berikutnya sambung Novran, membangun sentra IKM seperti Sentra Songket, Sentra Tenun, Sentra Ukiran Kayu Khas Palembang, Sentra Barang Jadi Rotan, Sentra Makanan Khas Palembang, Sentra Electroplatinng dan Sentra Tahu Tempe.

“Mensosialisasikan kepada IKM agar dalam mempromosikan dan menjual produk melalui e-commerce : Seperti Program e-SMART IKM yang disematkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Aplikasi POSITIF (Pojok Industri Kreatif).

Baca:  Medsos Tingkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Berdemokrasi

Memberikan bantuan mesin dan peralatan serta memberikan Pelatihan Diversifikasi Produk IKM,” tukasnya.

Selain Novran, penyelenggara webinar yang mengangkat tema “Sejahtera Lewat Digital” yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) juga menghadirkan tiga narasumber berkompeten di antaranya Ulez Hulaesuddin (Founder @makanhalalbogor, Co-Founder @brii_story), Muhamad Arif Rahmat, SHI (Certified Life Coach), dan Sumarni Bayu Anita SSos MA (Wakil Ketua III Stisipol Chandradimuka Palembang).

Baca:  Internet Sehat Untuk Anak Cerdas Harus Ditemani Orang Tua

Webinar dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh moderator Hikmatun Hassana. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI.

Kemudian, keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut. Selain itu, turut hadir menghangatkan dan memotivasi peserta webinar yakni Salsa Melania Aquina, seorang Public Speaker, Content Creator dan juga Entrepreneur muda.

Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, moderator Hikmatun Hassana mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Baca:  Berdakwah Melalui Medsos

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel diikuti secara daring oleh 304 orang peserta dari kalangan pelaku UKM dan masyarakat.

Untuk webinar selanjutnya diselenggarakan hari ini, Kamis, 29 Juli 2021 dengan tema “Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaaan” yang bakal menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Anggota DPR RI Dapil Sumsel Hj Percha Leanpuri BBus MA dan Dosen AP Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Andreas Lionardo SIp MSi.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...