Ultimate magazine theme for WordPress.

Literasi Digital  Bisa Perkuat Karakter Kebangsaan

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (29/7).(BP/IST)

Palembang, BP- Perkembangan teknologi di era revolusi industri, memberikan sejumlah tantangan bagi kehidupan manusia., perlu  penguatan pemahaman wawasan kebangsaan.

Realitas ini pula yang mendasari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggelar Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (29/7).

Webinar dengan tema “Literasi Digital dalam Meningkatkan Wawasan Kebangsaan” ini menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Aulia Siska, S.Sos (CFO PT Digital Solusi Entrepreneur), Muhamad Arif Rahmat SHI (Certified Life Coach), Dr Andreas Lionardo SIP MSi (Dosen Administrasi Publik Universitas Sriwijaya) dan Ir Yulian Junaidi MSi (Direktur Spora Institute).

Narasumber keempat, Yulian Junaidi dalam pemaparannya menyebutkan ada 4 output (keluaran, hasil) literasi digital dalam memperkuat karakter kebangsaan.

Baca:  Medsos Tingkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Berdemokrasi

Keempat output tersebut di antaranya nilai 4 pilar kebangsaan menjadi karakter warga digital, serta konten yang diproduksi warga digital berisikan informasi mendidik dan memperkuat karakter kebangsaan.

“Output selanjutnya yakni partisipasi aktif warga digital di ruang publik yang setara dengan negara dalam mewujudkan tatanan demokratis dan kolaborasi antar sektor membangun nilai bersama untuk penguatan karakter kebangsaan,” katanya.

Dia juga menjelaskan bagaimana tiga cara literasi digital memperkuat karakter kebangsaan. “Melalui proses pendidikan demokratis, melalui pembentukan karakter kebangsaan dan melalui proses transformasi nilai,” katanya.

Webinar ini sendiri seperti biasa dimulai pukul 09.00 yang dibuka oleh moderator Rizky Al Yusra. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI.

Baca:  Pembelajaran Agama Secara Online untuk Anak Harus dengan Rambu-rambu

Kemudian, keynote speech kedua disampaikan Wali Kota Palembang H Harnojoyo yang mengapresiasi penyelenggaraan webinar tersebut. Selain itu, turut hadir menghangatkan dan memotivasi peserta webinar yakni Della Oktarina yang merupakan Founder @sayadietkantongplastik, aktivis perempuan, dan Karitini Millenial Award 2020.

Lebih lanjut dalam sesi tanya jawab, pemandu acara mempersilakan empat penanya terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada keempat narasumber secara berurutan. Karena antusias peserta cukup tinggi untuk bertanya, moderator juga memilih enam penanya lagi untuk berkesempatan mendapat hadiah langsung berupa uang elektronik masing-masing senilai Rp 100 ribu.

Baca:  Media Daring Menuntut Pendidik Kreatif

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemprov Sumsel diikuti secara daring oleh 627 orang peserta dari kalangan pengurus dan anggota organisasi masyarakat dan kepemudaan.

Untuk webinar selanjutnya diselenggarakan Sabtu, 31 Juli 2021 dengan tema “Menjadi Pendidik Cerdas dan cakap digital” yang bakal menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Dr Muhammad Adil MA selaku Wakil Rektor 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan Drs H Slamet Cahyono MPd, Kepala Sekolah SMPN 13 Palembang.#osk

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...