Ultimate magazine theme for WordPress.

Alex Noerdin, Sosok Pemimpin yang selalu Mempermudah dan Mempercepat Investasi

Palembang, BP–Sebagai seorang yang diamanahkan oleh Bapak Alex Noerdin sebagai Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Ikilm, semasa menjabat Gubernur Sumatera Selatan 2008 – 2018, saya baru menemukan figur seorang Pemimpin dengan leadership yang baik dan visioner. Beberapa hal yang dapat menjadi pengalaman yang berharga ketika berkomunikasi dengan beliau.

Ketika ada tawaran untuk kerjasama dari Mitra Internasional di bidang kemitraan kelola hutan dan lanskap berkelanjutan di Sumatera Selatan, utusan dari Mitra Internasional sangat apresiasi atas kebijakan Bapak Alex Noerdin, yang berujar silahkan Mitra Internasional bermitra dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Pesan beliau laksanakan program sesuai dengan ketentuan yang ada dan hal-hal yang teknis koordinasikan dengan OPD yang terkait dan bila ada kesulitan segera lapor kepada Gubernur untuk dicarikan solusinya.

Baca:  Alex Noerdin, Sosok Visioner Perintis Pembangunan Hijau Sumsel

Pihak asing menangkap bahwa dengan kemudahan dan kecepatan berinvestasi di Sumatera Selatan di era Bapak Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumatera Selatan mencerminkan bahwa Sumatera Selatan sudah menerapkan Good Governance Policy artinya Pemerintah Sumatera Selatan sudah menyelenggarakan manajemen pembangunan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip demokrasi dan pasar yang efisien, menghindari salah alokasi dana pembengunan atau investasi serta pencegahan korupsi baik secara politik maupun secara administratif menjalankan disiplin anggaran serta penciptaan legal dan politician framework bagi tumbuhnya aktifitas usaha.

Hal ini terbukti banyak sekali investasi yang masuk di Sumatera Selatan terutama menjelang SEA Games dan Asian Games di Palembang, dan terbukti pembangunan yang dilaksanakan di Sumatera Selatan berjalan dengan baik dan sukses. Tidak ada terdengar keluhan dari pihak kontraktor atau pemborong bahwa beliau intervensi dalam menentukan hal-hal yang besifat teknis dan keuangan.

Baca:  Ajak Millienial Bertani, H Alex Noerdin Inisiator Bakti Inovasi BPPT di Kota Palembang

Suatu ketika sebagai seorang Staf, saya mengkonsultasikan dengan beliau untuk meminta pertimbangan dari beberapa alternatif kegiatan yang bersifat teknis. Pak Alex bilang silahkan anda sebagai seorang Staf untuk memilih yang terbaik. Lanjut beliau, saya menunjuk kamu sebagai Staf agar dapat menentukan mana yang terbaik untuk dilaksanakan dan silahkan dikoordinasikan dengan OPD yang terkait. Disini saya baru faham, sebagai bawahan beliau dalam menjalankan tugas, kita tidak boleh bekerja selalu menunggu petunjuk atasan, kita harus banyak idea dan inisiatif yang telah diperhitungkan output dan outcomenya.

Pak Alex sebagai seorang Gubernur dengan leadershipnya yang baik dan teruji penuh pengalaman selalu memberikan delegasi penuh kepada stafnya, dan pada prinsipnya Gubernur dengan kewenangannya hanya memberikan arahan yang bersifat umum dengan disposisinya untuk dapat dilaksanakan, dipertimbangkan atau tidak dilaksanakan sama sekali. Saya menilai bahwa Pak Alex adalah seorang pemimpin yang selalu memberikan delegasi penuh kepada Stafnya terhadap tugas-tugas sesuai tupoksinya.

Baca:  Alex Noerdin Salurkan Bantuan Mesin Ventilator untuk RSUD Kayu Agung dan RS AK Gani

Mencermati pemberitaan tentang kasus Masjid Sriwjiaya yang dalam proses peradilan sekarang ini, tentunya sebagai Gubernur pada waktu itu, Pak Alex berdasarkan pengalaman saya tersebut, karena ini terkait kegiatan keagamaan tentunya beliau pasti setuju untuk dilaksanakan dan tidak mungkin terlibat dalam hal-hal teknis yang penyelesaiannya harus menunggu arahan beliau. Sayang persoalan ini tidak dituntaskan ketika beliau masih menjabat Gubernur. (Najib Asmani, Tenaga  Ahli DPR RI)

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...