Ultimate magazine theme for WordPress.

Mulai 26 Juli PPKM Level 4 Diberlakukan di Beberapa Daerah, Termasuk Palembang, Lubuk Linggau, Prabumulih dan Musi Rawas

Palembang, BP – Beberapa Kota dan Kabupaten di provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masuk dalam 37 Kabupaten/Kota dari 19 Provinsi di Luar Jawa-Bali yang harus menerapkan PPKM Level 4 Mulai Senin (26/07).

Pemerintah sendiri telag resmi memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 25 Juli 2021.

Kemudian penamaan PPKM Darurat juga diubah menjadi PPKM level 4. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bakwa pemerintah mengategorikan PPKM menjadi empat level yakni level satu, dua, tiga, dan empat.

“Level 4 itu sama dengan PPKM Darurat. Jadi, kita nggak pakai istilah darurat lagi, pakai level saja,” kata Luhut dalam salah satu program Talk Show, Selasa (20/7/21) malam.

Seperti dikutip dari Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, penetapan level wilayah ini berpedoman pada Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Sebelumnya, Pemprov Sumatra Selatan memastikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mikro kembali diperketat hingga 25 Juli 2021.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan kebijakan itu menyusul keputusan pusat yang memperpanjang PPKM di Jawa dan Bali selama periode tersebut.

“PPKM Mikro di Sumsel tetap diperketat, kita ikuti sampai tanggal 25 Juli 2021,” katanya, Rabu (21/07).

Ia mengatakan selama perpanjangan PPKM tersebut, pihaknya memantau sejumlah indikator.

Menurutnya, terbuka peluang untuk relaksasi atau kelonggaran dalam kegiatan jika terdapat adanya penurunan jumlah kasus Covid-19.

Namun, setelah adanya Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021 yang menerapkan PPKM Level 4 termasuk di wilayah Palembang, Lubuk Linggau, Prabumulih, dan Musi Rawas mulai tanggal 26 Juli 2021, maka sudah dipastikan daerah tersebut akan kembali mengalami perpanjangan masa pengetatan PPKM. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...