Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Sumsel Dapat Teguran dari Mendagri, Mgs Syaiful Padli: “Jadikan Sebagai Cambuk, Nakes Itu Sangat Membutuhkan Perhatian”

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Mgs Syaiful Padli (BP/IST)

Palembang, BP–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan telah melayangkan surat teguran kepada 19 daerah. Lantaran, menahan anggaran yang seharusnya digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 dan memberikan insentif bagi tenaga kesehatan, termasuk Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Komisi V DPRD Sumsel berharap teguran Mendagri kepada Pemprov Sumsel menjadi perhatian  bukan sekadar teguran biasa tapi dijadikan sebagai cambuk bahwa garda terdepan nakes itu sangat  membutuhkan perhatian utamanya bagaimana kesejahteraan para nakes yang hari ini berjuang jiwa dan raganya  untuk pasien covid yang tiap hari bertambah  banyak,” kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli, Minggu (18/7).

Baca:  DPRD Sumsel Sebut Penutupan Illegal Drilling Harus Ada Solusi

Politisi PKS ini mengaku sebelumnya sudah pernah melakukan rapat dan telah memanggil Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel untuk menanyakan anggaran Covid-19 di Sumsel dan anggaran insentif nakes di Sumsel yang hingga saat ini  belum di eksekusi oleh Dinkes Sumsel.

“Dan kami menanyakan khususnys  saya waktu itu di forum rapat dengan Kepala Dinas Kesehatan Sumsel meminta kejelasan terkait kenapa insentif nakes belum dicairkan, nah jawaban pihak Dinkes Sumsel saat itu adalah adanya peraturan dari pemerintah pusat yang berubah-rubah terkait skema pencairan dana nakes ini,” katanya.

Baca:  Ketua DPRD Sumsel Ajak Masyarakat Manfaatkan Pemutihan Pajak Kendaraan

Dan terbaru menurutnya adanya Keputusan  Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/4239 tahun 2021 tentang  pemberian insentif dan santunan kematian bagi  tenaga kesehatan  yang menangani Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Hasilnya di sampaikan kepada kami di Komisi V bahwa anggaran nakes tersebut akan segera dicairkan dan kami  terus mengejar bahkan saya lewat pandangan umum Komisi V DPRD Sumsel pada saat itu kami penyampaikan agar Pemprov Sumsel segera  mencairkan insentif nakes dan terbukti  Sumatera Selatan mendapat teguran dari Menteri Dalam Negeri karena belum  mengeksekusi insentif nakes tersebut,” katanya.#osk

Baca:  Rapat Paripurna DPRD Sumsel Sempat Memanas, Dua Anggota DPRD Sumsel Saling Interupsi
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...