Dunia Digital Buat Bisnis Jadi Mudah

16

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1, Sumatera Selatan (Sumsel), Kota Palembang sesi ke-23, Kamis (15/7)(BP/IST)

Palembang, BP- Dunia digital telah membuat bisnis jadi makin mudah dan murah. Tidak harus punya toko untuk jualan, tak perlu punya banyak stok barang, semuanya sudah tersedia di lokapasar atau marketplace. Nah, selaras dengan tema Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1, Sumatera Selatan (Sumsel), Kota Palembang sesi ke-23, Kamis (15/7) yakni Cerdas dan Aman Manfaatkan Lokapasar (Marketplace), salah seorang narasumber Ariodillah Hidayat SE MSi “membocorkan” tips bertransaksi dengan aman di lokapasar.

Kepada peserta webinar yang berasal dari kalangan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan masyarakat, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Unsri) ini menyarankan sebelum berbelanja agar jangan mudah tergiur dengan harga murah.

“Tips lainnya, belanjalah di lokapasar yang populer dan terpercaya, transaksi melalui rekening resmi lokapasar, beli produk yang sudah banyak dibeli dengan tanggapan positif, pilih seller (penjual) dengan reputasi baik. Dan setelah bertransaksi, mintalah nomor resi untuk mempermudah pelacakan kiriman barang yang kita beli,” ulas Ariodillah dalam paparannya berjudul Disrupsi Perilaku Konsumen dan Produsen di Dunia Marketplace.

Masih dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), narasumber lainnya Dra Hj Musiawati MM, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel membeber beberapa upaya untuk memajukan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumsel. Salah satunya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melakukan kerja sama dengan PT Grab Indonesia membuat sebuah aplikasi lokapasar yaitu “Sumsel Mall”.

Baca:  Pembelajaran Online, Guru dan Siswa Harus Aktif

“Upaya lainnya berupa promosi pemasaran produk. Di mana baru-baru ini kita menggelar pelaksanaan talkshow Usaha Kecil Menengah (UKM) bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru. Selain itu juga dibuka jaringan promosi melalui media sosial (medsos), seperti Instagram, facebook, dan lain-lain,” kata Musiawati.

Tak hanya Ariodillah dan Musiawati, dua narasumber lainnya yakni Chief Executive Officer (CEO) PT Kampung Kaleng Indonesia Muhamad Arif Rahmat SHI dan CEO Saesha Cantika Indonesia Inna Dinovita STP juga menyampaikan materi yang kian mempertajam tema webinar. Keduanya masing-masing memaparkan materi berjudul ‘Tips dan Trik Jualan Online’ serta ‘Aman Bertransaksi di Lokapasar (Marketplace)’.

Dalam sesi tanya jawab moderator Avicenna Inovasanti seakan kewalahan menghadapi antusias peserta yang berebutan untuk menyampaikan pertanyaan di kolom chat. Selanjutnya dipilih empat dari sepuluh penanya yang terseleksi untuk menyampaikan kembali pertanyaan secara langsung kepada masing-masing narasumber.

Baca:  Cerdas Digital Masyarakat Jangan Mengarah ke Potensi Yang Negatip

Webinar ini dimulai pukul 09.00 dibuka oleh moderator Avicenna Inovasanti. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo RI.

Sebagai selingan dan penghangat webinar, moderator menghadirkan seorang talent berbakat sebagai Key Opinion Leader (KOL) yakni Lulu Elhasbu. Owner Elhasbu Fashion dan  Spoke Person Wardah Beauty ini mengapresiasi penyelenggaraan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kemenkominfo RI.

Baca:  Media Daring Menuntut Pendidik Kreatif

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti 211 orang peserta dari kalangan UKM dan masyarakat.

Untuk webinar ke-24 selanjutnya diselenggarakan Sabtu, 17 Juli 2021 dengan tema “Tips dan Trik Menjadi Youtuber Positif dan Produktif” yang bakal menghadirkan Wali Kota Palembang H Harnojoyo SSos sebagai Keynote Speech.

Kemudian empat narasumber berkompeten antara lain Pricilia Panti Meyrina (Team UPPK-KAS, Pegiat Literasi Digital), Cecep Nurul Alam ST MT (Bidang Ahli ICT Kopertais II Jawa Barat dan Kepala Divisi e-Learning), Cevi Nurgraha SSTP MSi (Pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang) dan Juju Onyols (Social Media Influencer/Youtuber/Content Creator). Sebagai pemandu acara yakni Ayu Irti Batul Qolby dan KOL Rana Rayendra (Co-Founder & CEO of Bicara Project). #osk