Pencuri Kabel Optik di Ringkus

15


Tim unit 3 subdit 3 Jatanras Polda Sumsel berhasil meringkus  pelaku  tindak pencurian kabel optik bawah tanah jaringan internet yang kerap beraksi di jalan protokol Kota Palembang., Jhonni (43) warga Jalan Sungai Tawar IV Kelurahan 29 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang.  (BP/IST)

Palembang, BP- Tim unit 3 subdit 3 Jatanras Polda Sumsel berhasil meringkus  pelaku  tindak pencurian kabel optik bawah tanah jaringan internet yang kerap beraksi di jalan protokol Kota Palembang., Jhonni (43) warga Jalan Sungai Tawar IV Kelurahan 29 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang.

Tersangka diringkus di kediamannya tanpa perlawanan, Rabu (14/7).

Dari tangan buruh harian lepas ini,  petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya dua selongsong kulit kabel hitam dengan panjang masing-masing 2 dan 1,7 meter.  Ada juga satu pisau kecil tanpa gagang yang biasa digunakan Jhonni untuk merobek isi kabel lalu mengambil tembaga di dalamnya.

Kasubdit 3 Jatanras Polda Sumsel Kompol Christopher Panjaitan didampingi Kanit Unit 3 AKP Putu Suryawan mengatakan, Jhonni terbilang ahli dalam melakukan aksi pencurian tersebut.

“Karena dia adalah residivis pencuri kabel fiber optik, jadinya dia memang ahli saat melakukannya,”  katanya.

Akibat perbuatan Jhonni, salah satu operator jaringan telepon mengalami kerugian yang ditafsir mencapai hingga Rp.10 juta.

Dikatakan Christopher, terungkapnya tindak kejahatan itu bermula dari kecurigaan warga.

Mendapat laporan, petugas lalu melakukan penyelidikan hingga akhirnya menangkap pelaku.

“Dari pengakuannya, dia mengaku menjual hasil curian pada tukang rongsokan yang lewat. Tapi kita akan lakukan pengembangan untuk mengetahui apakah dia terlibat jaringan atau tidak,” katanya.

Tersangka Jhonni mengakui semua perbuatannya.

“Waktu itu saya mencurinya di dekat kantor Gubernur. Ada juga di Jalan A. Rivai dekat kantor pos,”  kata residivis kasus yang sama dan sempat menjalani hukuman 1 tahun penjara.

Menurut tersangka tembaga kabal tersebut itu dijual ke tukang ronsokan dimana tembaga di satu kabel biasanya laku Rp. 270 ribu.#osk