Pembelajaran Online, Guru dan Siswa Harus Aktif

17

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1, Sumatera Selatan (Sumsel), Kota Palembang, Selasa (13/7).(BP/IST)

Palembang, BP- Pembelajaran online yang diterapkan pemerintah selama pandemic covid mempunyai beberapa kendala, di antaranya hambatan menerima informasi dari siswa didik karena kurang jelas materi yang disampaikan guru.

Tenaga pendidik dan anak didik harus kreatif dan inovatif. Selain itu perlunya pelatihan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) untuk tenaga pendidik. Kemudian materi yang akan disampaikan si tenaga pendidik dalam pembelajaran sebaiknya sehari sebelumnya diberikan kepada siswa untuk dibaca terlebih dahulu. Dan upayakan lebih banyak diskusi atau berinteraktif dengan anak didik tentang materi pelajaran,” demikian dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Fitriana SSos yang menjadi salah satu narasumber pada Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1, Sumatera Selatan (Sumsel), Kota Palembang, Selasa (13/7).

Baca:  Mewujudkan Misi IKM Yang  Berdaya Saing Tinggi di Era Digital

Fitriana secara gamblang berbagi beberapa solusi pembelajaran online untuk tenaga pendidik dan anak didik. Hal ini disampaikan secara virtual oleh Fitriana kepada peserta Solusi pertama beber Fitriana, yakni pengawasan orang tua dalam proses pembelajaran. Lantas kedua,

Narasumber lainnya, Dr Saleh Hidayat MSi, Wakil Dekan 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palembang mengangkat materi dengan tema Budaya Digital.

“Budaya digital merupakan prasyarat dalam melakukan transformasi digital. Penerapan budaya digital lebih kepada mengubah mindset agar dapat beradaptasi dengan perkembangan digital. Orang yang dapat bertahan bukan yang paling kuat atau pintar, tapi yang bisa beradaptasi,” tutur Saleh menyimpulkan.

Webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) ini juga menghadirkan dua narasumber yang berkompeten lain sesuai tema “Saatnya Peserta Didik dan Guru Terampil Belajar Daring (Online)”. Keduanya masing-masing Feri F Alamsyah MIKom (Dosen Ilmu Komunikasi), dan Resista Vikaliana SSi MM (Akademisi Bidang Manajemen, Penulis Buku, Penggiat Taman Bacaan KBM). Kemudian diselingi dengan mengundang seorang Beauty-Preneur Yona Marisa sebagai Key Opinion Leader (KOL).

Baca:  Kunci Sukses Pembelajaran Daring

Dalam sesi tanya jawab moderator Lisa Maisyurah seakan kewalahan menghadapi antusias peserta yang berebutan untuk menyampaikan pertanyaan di kolom chat. Selanjutnya dipilih empat dari sepuluh penanya yang terseleksi untuk menyampaikan kembali pertanyaan secara langsung kepada masing-masing narasumber.

Webinar ini dimulai pukul 09.00 dibuka oleh moderator Lisa Maisyurah. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Baca:  Ajak Generasi Milenial Bermedsos Secara Sehat dengan Filter Pancasila

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti 218 orang peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa. Untuk webinar ke-23 selanjutnya diselenggarakan Kamis, 15 Juli 2021 dengan tema “Peran Literasi Digital di Dunia Market Place” yang bakal menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumsel dan Ariodillah SE MM (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya). #osk