Ultimate magazine theme for WordPress.

“Mahasiswa UPI Gelar Pelatihan Guru Untuk Program Keterlibatan Orangtua di PAUD”

Oleh:  Ridha Suci Dean Putri (Mahasiswa PGPAUD di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)

Keluarga adalah sekolah pertama anak yang merupakan lingkungan tempat anak tumbuh dan
berkembang, tetapi masih ada masalah yang jadi dilapangan yaitu orangtua menyerahkan tugas mengajar dan mendidik anak sepenuhnya kepada guru disebabkan dengan faktor kedua orangtua bekerja maka inilah yang menyebabkan rendahnya perlibatan orangtua di PAUD yang ada di Indonesia.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh HO (Patel &Corter, 2013 dalam Oktavianingsih, E.
2018) ) menyatakan bahwa sudah menjadi budaya asia , orangtua dan guru secara umum
bekerja secara kontributor independen bukan kerjasama untuk pendidikan anak usia dini dan
hasilnya, orangtua tidak perlu melakukan kontak dengan sekolah atau menghadiri kegiatan
khusus di sekolah.

Padahal, keterlibatan orangtua di PAUD sangat penting sebab tanpa adanya
keterlibatan orangtua sebagai keluarga anak di sekolah dapat membuat intervensi program
pendidikan anak usia dini melemah seperti yang dinyatakan oleh Bronfrenbrenner ( Amini,
2015 dalam Oktavianingsih, E . 2018).

Apalagi sejak adanya virus covid-19 yang telah
menyebar keseluruh belahan dunia, termasuk Indonesia yang membuat terubahnya berbagai
aspek kehidupan. Salah satunya aspek dibidang Pendidikan, kegiatan pembelajaran tatap muka diubah menjadi kegiatan pembelajaran jarak jauh membuat perlibatan orangtua di PAUD lebih sulit dilaksanakan sebab waktu ada hambatan seperti perbedaan waktu jam kerja antara guru dan orangtua murid.

Keterlibatan orangtua dalam pendidikan sangat diperlukan terlebih lagi pada jenjang PAUD /
jenjang sebelum sekolah dasar yang dimana anak masih baru memulai pembentukan karakter melalui perkembangan aspek moral dan agama, sosial dan emosional. ( Mansur 2005 dalam Diadha,R. 2015).

Adapun manfaat keterlibatan orangtua dalam pendidikan yaitu dapat
bekerjasama dan membangun hubungan baik antara orangtua dan guru sehingga tercapainya
aspek perkembangannya.

Contohnya nyatanya, jika orangtua sedang memberlakukan toilet
training kepada anaknya , maka orangtua harus memberitahu kepada guru terkait berlakunya
masa toilet training kepada anak agar anak tidak merasakan perbedaan antara perlakuan
dirumah dan disekolah. Maka dari itu sangat diperlukan, perlibatan orangtua di Lembaga
PAUD.

Adapun program yang biasa dilakukan untuk perlibatan orangtua yaitu, education parenting
(pendidikan orangtua seputar informasi mengenai Kesehatan, gizi, dan tips mendidik anak),
home visit (kunjungan kerumah anak yang dilakukan oleh guru ), volunteering (sukarelawan), rapat pertemuan orangtua untuk mengambil keputusan, dan masih banyak lagi. (dalam Diadha,.R (2015).

Melihat kondisi inilah , UPI sebagai perguruan tinggi yang kental akan dengan” Pendidikan”
dan sebagai jalan mewujudkan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian
masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia sedang menyelenggaran kegiatan KKN tematik
dengan tema “ Membangun desa melalui bidang Pendidikan dan ekonomi dalam implementasi
MBKM pada masa pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM tahun 2021)” yang dilakukan
pada tanggal 1-30 Juli 2021 lalu dilaksanakan secara online dan individual sesuai dengan
alamat domisili mahasiswa.

Ridha suci dean putri, salah satu mahasiswi UPI cibiru yang sedang melakukan kegiatan KKN
tematik bidang Pendidikan di tempat kampung halamannya yaitu kota Palembang. Adapun
kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa dalam adalah mengikuti sosialisasi dan pembekalan
KKN, Menyusun perencanaan program, melaksanakan program seperti membantu administrasi disekolah, pendampingan pada guru dan siswa dalam pembelajaran , kegiatan parenting education kepada orangtua seperti membuat media konten edukasi yang dapat disebarkan kepada orangtua siswa, dan terakhir adalah melaporkan hasil kegiatan program KKN.

Dalam pelaksanaan KKN ini, TK Telkom 2 Palembang sangat menyambut baik program KKN
tematik UPI 2021 ini saat pertemuan secara daring yang dilakukan mahasiswa, dosen
pembimbing lapangan , dan kepala sekolah TK Telkom 2 Palembang melalui via google meet
dalam rangka membahas administrasi lanjutan penyerahan mahasiswa yang mengikuti KKN.
Melihat kondisi beberapa guru yang belum bisa membuat link room google meet maka
dilakukan pelatihan untuk beberapa guru dan kepala sekolah TK Telkom 2 Palembang yang
dilakukan secara luring dan terbatas dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat
seperti jaga jarak, dan memakai masker , baik mahasiswa dan pihak sekolah sudah divaksin
sebagai upaya pencegahan covid, lalu mahasiswa juga membuat vidio tutorial membuat link
room google meet dan cara merekamannya lalu dibagikan kepada guru dan kepala sekolah
melalui via whatsAPP.

Program ini dilakukan untuk merencanakan program pertemuan
orangtua secara daring via google meet untuk persiapan program perlibatan orangtua di PAUD spserti forum diskusi bersama orangtua dan pihak sekolah/ selain itu mahasiswa juga telah
ditambahkan di grup orang tua murid via WhatsAPP untuk membagikan beberapa konten
edukasi parenting berupa poster dan kunjungan kerumah murid/ mengenal lebih dekat anak
didik dan keluarganya (dilakukan secara daring melalui Q&A via WhatAPP dan video call).
Diharapkan persiapan kegiatan program perlibatan orangtua yang disudah dilakukan oleh
mahasiswa dapat terselenggara secara lancar.(Rill)

 

Referensi:
1. Diadha,Rahminur. (2015). Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini di Taman
kanak -kanak. Edusentris , Jurnal Ilmu pendidikan dan pengajaran, Vol .2 no.1, maret 2015.

  1. Oktavianingsih, Eka. (2018). Pengembangan program perlibatan orangtua dalam
    penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Universitas Ahmad Dahlan , Journal of early
    childhood care & education,. vol .1 no 2 , October 2018. ISSN: 2615-1413
Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...