Ultimate magazine theme for WordPress.

Kunci Sukses Pembelajaran Daring


Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 Sumatera Selatan (Sumsel) Kota Palembang, Senin (12/7).(BP/IST)

Palembang, BP- Saat ini pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online sudah jadi kebutuhan di mana-mana. Bahkan sebelum pandemi virus corona atau coronavirus disease 2019 (covid-19) melanda dunia, termasuk di Indonesia. Terhadap kenyataan ini, guru dan siswa harus memiliki kecakapan literasi digital yang bagus. Sekurangnya ada tiga kunci sukses dalam pembelajaran daring yang diungkapkan Drs Maju Partogi Simanjuntak MSi, salah seorang narasumber Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 Wilayah Sumatera 1 Sumatera Selatan (Sumsel) Kota Palembang, Senin (12/7).

Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 19 Palembang ini merinci, kunci sukses pertama yakni terletak pada efektivitas pembelajaran daring. Siswa harus memiliki akses yang mudah dan jaringan seharusnya membutuhkan waktu yang minimal dalam pertukaran dokumen.

“Kedua, bukan hanya teknologi yang penting, tetapi penerapan intruksional teknologi dari pengajar yang menentukan efek pada pembelajaran. Terakhir, peserta didik berkolaborasi dengan orangtua. Di sini peran orangtua juga harus bertanggungjawab mendisiplinkan buah hati,” urai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang ini dalam materi berjudul “Urgensi Pembelajaran Daring di Era Digital”,.

Selain Maju Partogi Simanjuntak, Webinar dengan tema “Literasi Digital bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital” ini juga menghadirkan tiga narasumber lainnya yakni Akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr Ir Soni Trison SHut MSi mengangkat tema “Profesionalisme Tenaga Pendidik (Guru) di Era Digital”, Akademisi Bidang Komunikasi Mariana RA Siregar membahas tema “Internet Positif dan Aman bagi Pelajar”, dan Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (Unsri) Novi Yusliani SKom MT yang menjelaskan topik “Etika Berinternet”.

Baca:  Medsos Tingkatkan Peran Serta Masyarakat Dalam Berdemokrasi

Seperti biasa usai para narasumber memaparkan materi masing-masing, di sesi tanya jawab moderator Ayu Irti Batul Qolby mempersilakan empat peserta terpilih untuk menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada narasumber yang dituju. Salah seorang peserta, Oktavianus Theodora P menanyakan efektifitas pembelajaran daring di Kota Palembang dan hal-hal yang perlu dievaluasi dari pembelajaran yang telah berjalan saat ini.

Baca:  Dompet Digital Harus Jadi Sesuatu Yang Menguntungkan

“Memang masih ditemukan kelemahan atau kekurangan dalam proses pembelajaran daring yang telah berjalan, misal peserta didik masih terkendala akses mengikuti belajar daring di samping tenaga pendidik yang belum menguasai teknologi. Solusinya, para guru seperti ini perlu dilakukan pendampingan. Pemerintah telah melakukan pelatihan untuk mereka agar mampu menguasai proses pengajaran secara daring. Selain itu, pihak sekolah harus mampu memberikan solusi kepada peserta didik yang terkendala akses seperti kunjungan ke rumah atau penyediaan materi belajar yang dapat diambil oleh orang tua,” beber Maju Partogi Simanjuntak menanggapi.

Pemandu acara Ayu Irti Batul Qolby juga sempat menyelingi webinar dengan berbincang sejenak bersama Key Opinion Leader (KOL) Aquina di awal dan penghujung webinar. Master Ceremony (MC) profesional yang juga Penyiar Global Radio 101 FM Palembang dan host Pal TV ini membeberkan sekelumit pengalaman pribadi di era digital.

Webinar ini dimulai pukul 09.00 dibuka oleh moderator Ayu Irti Batul Qolby. Kemudian menayangkan Lagu Indonesia Raya yang diikuti semua peserta webinar dan dilanjutkan dengan penayangan video keynote speech yaitu Semuel A Pangerapan, Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Baca:  Serba Digital Menuntut Guru Kreatif

Suryati Ali selaku Runner Literasi Digital wilayah Palembang Sumsel menyebutkan, webinar yang digelar Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel diikuti 509 orang peserta dari kalangan guru dan pelajar. Untuk webinar ke-22 selanjutnya diselenggarakan Selasa, 13 Juli 2021 dengan tema “Saatnya Peserta Didik dan Guru Terampil Belajar Daring (Online)” yang bakal menghadirkan empat narasumber berkompeten antara lain Feri F Alamsyah MIKom (Dosen Ilmu Komunikasi), Resista Vikaliana SSi MM (Akademisi Bidang Manejemen, Penulis Buku, Penggiat Taman Bacaan KBM), Fitriana SSos (Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel) dan Dr Saleh Hidayat MSi (Wakil Dekan 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan/FKIP Univesitas Muhammadiyah Palembang). #osk

 

 

 

 

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...