Ultimate magazine theme for WordPress.

Patut Ditiru, Ini 4 Cara Menjaga Kesehatan Ala Nabi Muhammad SAW

Palembang, BP – Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan dan sebaik-baik contoh untuk umat Islam. Sehingga tidak heran seluruh tingkah laku dan perbuatan yang dilakukannya selalu mengandung kebaikan dan kemanfaatan.

Seperti misalnya saja bagaimana cara beliau menjaga kesehatannya selama hidup di muka bumi ini. Sebab, diketahui bahwa seumur hidupnya, Nabi Muhammad SAW hanya mengalami dua kali sakit yakni ketika diracuni oleh seorang wanita Yahudi dan sakit menjelang wafat.

Luar biasa sekali Baginda Rasulullah SAW ini, tentunya sudah semestinya kita mencontoh pola hidup Nabi SAW dalam menjaga kesehatan. Berikut 6 cara menjaga kesehatan ala Nabi Muhmammad SAW yang patut kamu tiru.

1.Tidak Begadang

Rasulullah SAW tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal itulah yang menyebabkan beliau melarang makan dan berbincang setelah waktu salat isya.

Jika waktunya untuk tidur datang, maka beliau akan cepat tidur. Waktu yang tepat untuk tidur di malam hari kira-kira sesudah istirahat salat isya, yakni sekitar pukul 21.30 dan bangun pukul tiga pagi.

2.Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan

Nabi Muhammad SAW selalu mencuci tangan dengan menyempurnakan wudhunya. Beliau mencuci tangannya sampai ke sela-sela hingga bersih. Sehingga, tidak heran Rasul SAW tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut walaupun makan dengan menggunakan tangan.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, katanya, “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?’” Nabi berkata, “Sempurnakan wudhu-mu, dan sela-selah antara jari-jemarimu, dan bersungguh sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

3.Mengonsumsi Makanan dengan Tangan Kanan

Islam mewajibkan seseorang makan dengan tangan kanan sebab jika menggunakan tangan kiri akan diikuti setan.

Ternyata perintah ini mengandung kebaikan yang dibuktikan secara medis, sebab makan dengan tangan kiri memang tidak bagus karena tangan kiri sering digunakan untuk mencuci area intim, sehingga dimungkinkan mejadi tempat bakteri bersarang di dalam jari.

Sebagaimana dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR. Muslim).

4.Tidak Meniup Makanan atau Minuman Panas

Dalam suatu Hadits, dari Ibnu Abbas meriwayatkan “Bahwasanya Rasulullah SAW melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya” (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Hadits Rasulullah tersebut ternyata dapat dijelaskan secara ilmiah, bahwa apabila kita menghembuskan nafas pada minuman, kita akan mengeluarkan karbon dioksida (CO2).

Apabila CO2 bercampur dengan air (H2O), akan menjadi H2CO3, yaitu sama dengan cuka, sehingga menyebabkan minuman itu menjadi acidic (bersifat asam).
Bila kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama akan dapat merusak kinerja ginjal serta dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Itulah 4 cara di atas hanyalah beberapa perbuatan Nabi Muhammad SAW yang patut kamu tiru untuk mencegah kamu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sebetulnya, masih banyak lagi sunnah-sunnah beliau yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan kamu, maka dari itu selalu amalkan sunnah dari Rasulullah SAW. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...