Jelang Final EURO 2020, Langit Inggris Bertuliskan “It’s Cooming Home”, Ini Penjelasannya

64

Beberapa jam jelang final EURO 2020, antara Ingris vs Italia, tulisan ‘It’s Coming Home’ hiasi langit Inggris. Slogan Timnas Inggris yang terus digaungkan “it’s Coming Home” tertulis di langit Inggris. Tulisan tersebut dibuat oleh Angkatan Udara Inggris, Royal Air Force (RAF) yang melakukan parade untuk mendukung skuat The Three Lions, Minggu, (11/7/21), waktu setempat.

Inggris yang dinakhodai oleh Gareth Southgate akan berhadapan melawan Italia di final EURO 2020, pertandingan akan digelar Senin (12/7/21) pukul 02.00 WIB.

Lalu apa sebenarnya makna dari kata “It’s Cooming Home” tersebut. Kalimat tersebut rupanya merupakan bagian dari lirik lagu “Three Lions” karangan David Baddiel, Frank Skinner, dan Lightning Seeds yang dirilis pertama kali pada 1996.

Lagu tersebut terinspirasi dari kemenangan Inggris pada Piala Dunia 1966. Lirik “It’s coming home, it’s coming home, it’s coming! Football’s coming home” sendiri memiliki dua artian sesuai tahun rilisnya (1996 dan 1998).

Pada versi orisinilnya (1996), Three Lions menggambarkan semangat Inggris menyambut ajang Piala Dumia 1996 yang kembali diselenggarakan di tanah Ratu Elizabeth. Sepak bola telah kembali ke “rumah”nya.

Dua tahun berselang, lagu ini kembali dirilis dengan lirik yang sedikit berbeda. “It’s Coming Home” pada waktu itu sendiri diartikan sebagai metafora dukungan dan optimisme para pendukung Inggris untuk meraih kemenangan.

Versi kedua dari “Three Lions” dirilis pada ajang Piala Dunia 1998 di Prancis. Salah satu lirik lagu tersebut berbunyi “We could dance it in France”, sebuah harapan untuk Inggris yang memainkan pertandingan grupnya di Marseille.

Bagian lirik lainnya juga memuat sejarah sepak bola Inggris seperti “But i still see that tackle by Moore” di mana Bobby Moore sang kapten tim era Juara Dunia melepaskan tekel akurat pada Jairzinho (legenda tim nasional Brazil 1970) di depan kotak penalti.

Kini tidak terasa sudah 55 tahun hingga Inggris kembali berkesempatan meraih gelar juara. Berbagai generasi emas telah berjuang dan kini tiba laga yang dinantikan.

Mampukah Inggris mengukir sejarah? Atau sebaliknya justru Italia yang membawa trofi pergi ke Roma?
Hasil akhir menentukan segalanya. #rid