Argentina Juara, Trofi Copa America Pertama Lionel Messi Sebelum Pensiun

74

Argentina berhasil membawa pulang trofi Copa America 2021 setelah mengalahkan tuan rumah Brasil di final yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Minggu (11/7/21) pagi WIB. Pada pertandingan tersebut Argentina menang tipis 1-0.

Lionel Messi berhasil mempersembahkan trofi Copa America 2021 untuk Argentina di usianya yang ke-34. Sepanjang kariernya yang gemilang di level klub, gelar ini menandai trofi pertamanya bersama tim nasional.

Gol kemenangan skuat berjuluk Albiceleste dicetak Angel Di Maria setelah menerima umpan terobosan Rodrigo De Paul di menit ke-22. Messi, meski tidak mencetak gol, tampil sebagai starter sambil menyandang ban kapten.
Gelar terakhir Argentina di Copa America hadir pada tahun 1993.
Mereka hanya menjadi empat kali runner-up dalam enam edisi terakhir. Selama periode itu, Messi belum sekalipun membawa timnas senior menjuarai trofi utama sepak bola dunia, kecuali Olimpiade Beijing 2008, dengan meraih medali emas.

Baca:  Laga Seru Perempat Final EURO 2020, Ini Jadwal dan Prediksinya

Messi mencicipi final pertama bersama Argentina pada Copa America 2007 tetapi kalah. Selanjutnya, 2014, dia kalah di final Piala Dunia, kemudian La Pulga tak bisa memimpin rekan-rekannya hingga ke final Copa America 2021.

Sebelum pertandingan melawan Brasil, Messi mengisyaratkan bahwa Copa America 2021 bisa menjadi turnamen terakhirnya bersama tim nasional. Pemain berjuluk La Pulga mematok trofi Copa America 2021 sebagai harga mutlak sebelum pensiun.
“Mungkin ini akan menjadi satu di antara peluang terakhir saya membawa Argentina juara. Tentu kami ingin menjadi juara Copa America tahun ini. Itu target yang tak bisa ditawar-tawar lagi,” kata Messi dikutip Marca.

Baca:  Kalahkan Republik Ceko 2-1, Denmark Lolos Babak Semifinal Euro 2020

Dengan trofi Copa America 2021 di tangan, apakah Lionel Messi akan pensiun dari tim nasional? Yang pasti, pada tahun 2017 Messi pernah mengumumkan pensiun dari timnas sebelum akhirnya kembali ke skuat Albiceleste. #rid