Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-24

Alex Noerdin, Sosok Visioner Perintis Pembangunan Hijau Sumsel

H Alex Noerdin

Palembang, BP–Melengkapi tulisan Suparman Romans Presedium LKKPPD Sumsel di media sosial maupun media online, Minggu (11/7) yang bertajuk “Alex Noerdin Sang Pencetus Sumsel Go Internasional,” yang atas jasanya dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden Republik Indonesia saat itu Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta pada 13 Agustus 2014 lalu.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang belum terungkap publik terutama dalam bidang lingkungan global menyangkut perubahan iklim dan pemanasan global.

Menurut DR Najib Asmani yang pada 2008-2018 menjabat Staf Khusus Gubernur Sumsel bidang Perubahan Iklim ini, Alex Noerdin merupakan Gubernur yang pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang tampil dalam forum The Bonn Challenge 2015 yang diselenggarakan di Bonn Jerman. Kemudian dilanjutkan pada tahun 2016 The Bonn Challenge 2016 di Panama dan akhirnya The Bonn Challenge 2017 digelar di Palembang, Sumsel.

Dilanjutkan Najib Asmani, Alex Noerdin juga merupakan Gubernur di Indonesia yang pertama kali berbicara dalam berbagai forum perubahan iklim dunia Konferensi Perubahan Iklim UNFCCC, Di antaranya CoP-21 2015 Paris, CoP-22 2016 di Maroko, CoP-23 Fiji.

Baca:  Alex Noerdin Bersama BPPT dan BRIN Serahkan Bantuan Produk Teknologi UMKM di Prabumulih

“Saat di Paris itu beliau (Alex Noerdin, red) tampil bersama para tokoh duinia seperti Wakil Presiden Amerika Serikat saat itu Al Gore, Walikota Berlin Michael Muller dan CEO Unilever Paul Polman. Event tersebut dihadiri para tokoh dunia, pemimpin pemerintahan serta CEO perusahaan internasional,” ujar Najib kepada Berita Pagi, Minggu (11/7).

Pada 14 Juni 2016, Alex Noerdin kembali tampil sebagai pembicara pada The Oslo Exchange REDD+ yang memaparkan mengenai aksi nyata di lapangan tentang Landscape Management Partnership of South Sumatera. Beberapa bulan kemudian, Alex Noerdin kembali diundang sebagai pembicara Kongres IUCN World Conservation Centre di Honololo Hawaii Amerika Serikat pada 5 September 2016.

Baca:  Alex Noerdin Salurkan Bantuan Mesin Ventilator untuk RSUD Kayu Agung dan RS AK Gani

“Pada 22 September 2016, beliau (Alex Noerdin, red) menghadiri Pertemuan Tahunan the 2016 World Economic Forum di New York. Dalam forum ini, Menteri Lingkungan dan Perubahan iklim Norwegia Hon Vidar Helgesen menyebut Model Yurisdiksi Kemitraan Pengelolaan Landskap di Sumsel menjadi contoh internasional yang berhasil diimplementasikan dengan dukungan banyak aktor, termasuk Pemerintahan Norwegia,” tutur Najib Asmani yang saat ini menjabat Tenaga Ahli DPR RI ini.

Tertulis dengan tinta emas bagaimana Alex Noerdin bersama Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin memperoleh penghargaan dalam The 25 Year Partnership on Zero Emission Mobility (ZEM) dari Pemerintah Inggeris yang disampaikan Mr Richard Graham MP The UK Prime Minister’s Trade Envoy bertempat di Winston Churcill gedung Her Majesty’s Treasury. Diketahui gedung ini merupakan tempat diumumkan berakhirnya Perang Dunia Kedua. Kembali Alex Noerdin merupakan Kepala Daerah pertama di Indonesia yang memperoleh penghargaan di gedung bersejarah ini.

Baca:  Ajak Millienial Bertani, H Alex Noerdin Inisiator Bakti Inovasi BPPT di Kota Palembang

“Sebenarnya masih banyak pengalaman empiris Alex Noerdin Gubernur Sumsel dua periode ini untuk mewujudkan visi Pembangunan Hijau Sumsel, South Sumatera Green Growth (SSGG). Dalam waktu dekat kami akan luncurkan buku mengenai hal ini,” tambah Najib Asmani. #adv/okt

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...