Menteri Transportasi Inggris Larang Suporter Itali Nonton Final EURO di London

26

Jelang laga Final EURO 2020 antara Italia vs Inggris yang akan berlangsung di Stadion Wembley, London, pada Senin, (12/7/21), sekitar pukul 02.00 WIB.

Menteri Transportasi Inggris, Grant Shapps memperingatkan agar suporter Italia tidak datang ke Inggris untuk menyaksikan pertandingan final Euro 2020.

Grant Shapps mengatakan, penerbangan dari Italia yang masuk ke Inggris hanya untuk menyaksikan laga final tidak akan diizinkan masuk.
“Jangan coba untuk datang. Itu satu-satunya jawaban sederhana,” kata Shapps dikutip dari Reuters. Tambahnya
“Jika kami mendeteksi orang-orang datang untuk menyaksikan sepak bola, mereka tak akan diizinkan masuk. Dan pada dasarnya, seluruh penerbangan internasional langsung telah ditutup,” ujar Shapps.

Baca:  Denmark VS Belgia, Simak Kekuatan Dan Prediksi Susunan Pemain

Stadion Wembley sendiri akan menampung sekitar 60 ribu penonton lokal dalam laga final EURO 2020.

Saat ini, Inggris masih menerapkan pembatasan perjalanan terkait pandemi Covid-19 yang mengharuskan pendatang asing, termasuk dari Italia, melakukan karantina 10 hari saat tiba di negara Eropa Barat tersebut. Namun disisi lain Shapps juga telah mengumumkan bahwa warga Italia yang sudah divaksinasi penuh dari negara berisiko sedang Covid-19 tidak lagi harus isolasi diri saat kedatangan.

Baca:  Duel Dua Raksasa Italia Vs Spanyol Bakal Tegang Sejak Menit Awal, Ini Prediksinya

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) melaporkan sekitar 1.000 suporter akan bertolak ke Inggris di bawah protokol yang ketat.
Badan sepak bola Eropa, UEFA, dilaporkan telah menyepakati perjanjian dengan pemerintah Inggris untuk mengizinkan maksimum 1.000 suporter Italia hadir di Wembley.

Sementara itu Inggris sama sekali belum pernah merasakan juara Euro. Sedangkan Italia, terakhir kali menjuarai Euro pada tahun 1968 setelah mengalahkan Yugoslavia.

Baca:  Wasit Asal Belanda Bjorn Kuipers Pimpin Partai Final Euro 2020

Meski begitu, Italia sudah 3 kali merasakan tampil di laga final Euro. Dua sisanya berakhir dengan kekalahan saat bertemu Prancis (2000) dan Spanyol (2012). #rid/net