Ultimate magazine theme for WordPress.

Dapat Menurunkan Berat Badan, Ini 5 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Palembang, BP- Air putih sangat penting bagi manusia, terlebih banyak sekali manfaat air putih yang tidak bisa digantikan oleh apapun, bahkan dipercaya sebagai obat yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh dibanding obat-obatan modern.

Diketahui, sekitar 60 persen tubuh manusia tersusun oleh air yang berfungsi untuk mengalirkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Fungsi tersebut tersebut tidak dapat digantikan oleh cairan apapun, sehingga mengonsumsi air putih menjadi sebuah kebutuhan.

Namun, ternyata tidak hanya sebagai kebutuhan bagi manusia. Air putih juga menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut 6 manfaat air putih untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Komposisi otak manusia sekitar 73 persennya merupakan air, jadi apabila otak kekurangan asupan air putih. Tentunya, pasti akan mengalami berbagai disfungsi dari yang ringan hingga berat.

Oleh sebab itu diperlukan asupan air putih yang cukup agar otak bisa bekerja dengan lebih baik dan bisa meningkatkan fokus, kelancaran berpikir, hingga stamina tubuh membaik.

2. Memperkuat Imun Tubuh

Seperti diketahui, bahwa sistem kekebalan tubuh akan membantu mencegah serangan bakteri dan virus jahat yang akan merusak tubuh.

Namun, dengan air putih hangat akan dapat memperkuat imun tubuh sehingga organ tubuh seperti ginjal dan hati tetap bisa bekerja dengan baik.

3. Membantu Detoksifikasi Racun di Tubuh

Tak kalah penting, ternyata air putih dapat digunakan untuk membantu proses detoksifikasi tubuh agar racun dan zat berbahaya dari makanan dan minuman dapat dikeluarkan dari tubuh.

Lewat mana zat berbahaya tersebut dikeluarkan? Tentu saja lewat cairan tubuh seperti keringat dan urine.

4. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang dijelaskan oleh ahli gizi dari Beverage Institute di Amerika Serikat, Joan Koelemay, RD, bahwa asupan air dan serat yang seimbang merupakan kunci pencernaan sehat.

Menurutnya, kedua asupan ini bekerja layaknya sapu yang membersihkan usus dan mengeluarkan kotoran hingga tuntas.
Terlebih lagi, bila kamu kekurangan cairan, maka usus akan menarik air dari feses sehingga feses akan mengeras. Hal inilah yang biasanya akan menyebabkan penyakit sembelit alias susah buang air besar.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kabar baik bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan.
Pasalnya, sebuah studi dalam jurnal Obesity (Silver Spring) pada tahun 2011 menguak fakta bahwa mereka yang minum 500 mililiter air putih sebelum makan akan mengalami penurunan berat badan hingga sebesar 44 persen.

Namun, hal ini hanya bisa terjadi apabila kamu disiplin minum air putih sebelum makan.
Karena, penelitian ini menunjukkan hasil yang mencengangkan tersebut setelah peserta penelitian menjalani kebiasaan ini selama 12 minggu.

Itulah 5 manfaat luar biasa dari air putih yang sebetulnya masih memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh.

Agar kamu tetap sehat maka jangan lupa selalu isi tubuh dengan asupan air putih yang cukup setiap harinya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...