Ultimate magazine theme for WordPress.

Mayjen TNI Agus Subiyanto Danpaspampres yang Bela Anggotanya Pernah Bertugas di Palembang

Mayjen TNI Agus Subiyanto, Danpaspampres
Mayjen TNI Agus Subiyanto

Palembang, BP–Nama Komandan Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Agus Subiyanto ramai diberitakan terkait dirinya langsung angkat bicara membela anggota Paspampres yang cekcok dengan kepolisian saat penyekatan PPKM di Jakarta, Rabu (7/7).

Mayjen Agus menegaskan perlunya koordinasi dan pemahaman petugas TNI-Polri di lapangan terkait aturan PPKM Darurat sehingga tidak terjadi permasalahan seperti yang menimpa anggota Paspampres yang kemudian diketahui bernama Praka TNI Izroi Gajah.

Baca:  Polda Sumsel dan Polrestabes Palembang Gelar PPKM Mikro Mang Pedeka Serbu Kelurahan Plaju Ulu

Menurutnya apa yang dilakukan oknum kepolisian telah menyinggung institusi Paspampres. Untuk itu dirinya tak ingin kejadian serupa terulang. “Karena ini sudah menyinggung institusi Negara,” tuturnya.

Lantas siapa Mayjen TNI Agus Subiyanto? Dari laman Wikipedia ditulis, Agus dilahirkan di Blitar Jawa Timur pada 5 Agustus 1967. Sejak 18 November 2020, Agus yang lulusan Akademi Militer 1991 menggantikan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Komandan Paspampres. Selanjutnya Maruli diangkat menjadi Pangdam IX/ Udayana hingga saat ini.

Baca:  Palembang Tunggu Arahan Pusat Terkait Kelanjutan PPKM

Karir Agus terbilang cemerlang. Beberapa jabatan strategis diembannya sebelum menjadi Komandan Paspampres, dia pernah menjadi Danrem 061/ Suryakencana, Wadan Pusat Kesenjataan Infantri, Danrem 132 Tadulako dan lainnya.

Pada 2016 Mayjen Agus Subiyanto bertugas di jajaran Kodam II/ Sriwijaya sebagai Danrindam II/ Sriwijaya. Ketika itu dirinya masih berpangkat Kolonel Infantri. Ketika itu acara serah terima jabatan dipimpin Pangdam II/ Sriwijaya masa itu Mayjen TNI Purwadi Mukson pada 8 Juni 2016.

Baca:  PPKM Mikro Diperketat di Wilayah Kota Palembang-Lubuklinggau

Pengalaman dalam kesatuan Kopassus membuatnya disegani berbagai kalangan hingga akhirnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memului mutasi yang didasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nimir Kep/911/XI/2020 pada 18 November 2020 mengangkat Agus Subiyanto sebagai Komandan Pasukan Pengawal Presiden. #hus

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...