Cek Penanganan Covid-19, Jokowi Minta Kepala Daerah Turun Langsung ke Lapangan

10

Palembang, BP–Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh Kepala Daerah di Indonesia untuk turun langsung ke lapangan untuk memastikan penanganan Covid-19 di wilayahnya berjalan baik.

Hal itu disampaikan Jokowi usai meninjau Rusun Pasar Rumput untuk tempat isolasi pasien Covid-19 pada Rabu (07/07).

Dalam pidatonya tersebut, Jokowi meminta para Kepala Daerah untuk mengecek langsung kesiapan fasilitas penanganan Covid-19, termasuk peralatan serta obat-obatan yang diperlukan.

Jokowi menegaskan bahwa perintah itu tidak hanya disampaikan untuk seluruh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota di Pulau Jawa dan Bali, tetapi juga kepala daerah di luar wilayah tersebut.

Baca:  Sindir Luhut, Fahri Hamzah: Virus Itu Ada di Buku IPA Bukan IPS

“Saya minta kepada seluruh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, baik yang berada di pulau Jawa dan pulau Bali, maupun yang di luar pulau Jawa, semuanya untuk terus turun ke bawah,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan seluruh kepala daerah diminta untuk terus mengecek langsung ke lapangan, guna mengontrol penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Baca:  Polda Sumsel dan Polrestabes Palembang Gelar PPKM Mikro Mang Pedeka Serbu Kelurahan Plaju Ulu

Kemudian, Jokowi meminta Kepala Daerah memastikan obat-obatan, alat kesehatan, serta tempat isolasi untuk pasien Covid-19 harus selalu disiapkan.

“Mengecek lapangan, mengontrol kesiapan-kesiapan, baik itu obat-obatan, baik itu alat-alat kesehatan, baik itu tabung-tabung oksigen, dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan,” tuturnya.

Selain itu, Presiden jokowi berharap dengan siapnya Rusun Pasar Rumput sebagai tambahan lokasi untuk isolasi pasien Covid-19 bergejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG), maka dapat mengatasi lonjakan pasien ke depannya.

Baca:  Langkah PPKM untuk Palembang dan Lubuklinggau Dinilai Tepat

“Tadi setelah kita cek Tower 1, sudah siap untuk dipakai sebanyak 2.060 tempat tidur. Kemudian yang Tower 2 dan Tower 3 sebanyak 5.950 akan siap dalam 2-3 hari ini,” ucap Jokowi.

Harapan Jokowi dengan persiapan tersebut, lonjakan kasus Covid-19 yang mungkin terjadi ke depannya dapat ditangani.

“Kita harapkan, dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kita sudah ada kesiapan,” pungkasnya. #ric