50 Unit PJUTS Segera Terangi Prabumulih

55

Syamdakir: Terima Kasih Pak Alex Noerdin

Palembang, BP–Sedikitnya 50 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya akan terangi Kota Prabumulih dalam waktu dekat ini. Melalui program kemitraan Komisi VII DPR RI dengan Direktur Jendral Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM RI Kota Prabumulih termasuk kawasan yang akan dipasang PJUTS.

Menurut Tenaga Ahli DPR RI Kemas Khoirul Mukhlis, setidaknya 800 unit PJUTS disebar dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan untuk tahun 2021. Sementara untuk pengalokasian tergantung pengajuan oleh masyarakat setempat.

“Sesuai arahan Bapak Alex Noerdin, kami prioritaskan kawasan yang memang belum diterangi oleh lampu jalan serta fasilitas umum seperti rumah ibadah, sarana pendidikan, pondok pesantren dan lainnya. Sementara untuk Prabumulih dialokasikan sebanyak 50 unit,” ujarnya, Kamis (8/7) pagi.

Ditambahkan saat ini sudah mulai dipasang patok dan survey lokasi oleh pihak PT Fokus Indolighting dari Jakarta. Diperkirakan akhir Juli ini survey sudah rampung dan dilanjutkan dengan penggalian dan pengerjaan pondasi.

Baca:  Warga Prabumulih Antusias Sambut Kedatangan Alex Noerdin

“Tim Survey sekarang sudah berada di Lahat dan segera setelah ini ke Pagaralam serta Empatlawang. Mudah-mudah semua sesuai target awal bulan depan sudah dimulai penggalian pondasi. Insya Allah akhir September mendatang semua sudah menyala,” tambah Mukhlis yang mantan Ketua KPU Palembang ini.

Dijelaskan Mukhlis, di tiap wilayah pihaknya menunjuk tim yang bertanggungjawab mengakomodir permohonan masyarakat. Karena sebelum ini secara internal, pihaknya sudah meneliti dan survey awal setiap permohonan yang masuk.

Baca:  Tahun Ini, Pembangunan PJUTS Kembali Bergulir

“Untuk Prabumulih kita menunjuk Pak Syamdakir guna mengakomodir permohonan yang ada. Karena kami anggap beliau mengetahui mana saja wilayah yang masih butuh penerangan jalan dan mana yang tidak,” tuturnya.

Terpisah, Syamdakir Amrullah Edy Hamid tokoh masyarakat yang juga ketua Partai Golkar Prabumulih mengucapkan terima kasih atas dipasangnya PJUTS di Prabumulih ini. Menurutnya, program ini merupakan kelanjutan dari tahun 2020 lalu yang mana sudah terpasang dan menyala 31 unit PJUTS.


Baca:  Kyai Gerentam Bumi: Terima Kasih Pak Alex Noerdin

“Atas nama masyarakat, tentu ucapan terima kasih kepada Bapak Alex Noerdin yang telah mengalokasikan kembali Penerangan Jalan untuk tahun 2021 ini. Kalau permohonan masyarakat itu sangat banyak, namun kami pilah satu persatu yang mana perlu prioritas dan mana yang belum sesuai alokasi yang ada,” ujar Syamdakir.

Dijelaskan Syamdakir, selain PJUTS tahun lalu H Alex Noerdin anggota DPR RI juga membantu sumur bor yang saat ini sudah terasa manfaatnya bagi masyarakat kawasan Perumahan Arda Kelurahan Karang Raja, Prabumulih Timur. #okt