Ultimate magazine theme for WordPress.

Lebih Dekat Dengan Pelatih Timnas Spanyol, Berikut Kisah Hidup Luis Enrique

Palembang BP-Pada EURO 2020 ini timnas Spanyol terlihat sedikit mengejutkan Luis Enrique tidak memasukkan bek tangguh legenda Real Madrid Sergio Ramos. Bahkan, tak ada satu pun pemain dari Madrid dalam skuadnya yang berisi 24 pemain. Ini merupakan sejarah. Untuk kali pertama dalam turnamen besar pemain Madrid tak ada dalam timnas Spanyol. Enrique hanya memilih 24 pemain, meskipun UEFA membolehkan membawa 26 orang.

Berikut para punggawa timnas Spanyol yang dibawa Enrique pada EURO 2020:

Kiper: Unai Simon, David de Gea, Robert Sanchez.

Bek: Jose Gaya, Jordi Alba, Pau Torres, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Diego Llorente, Cesar Azpilicueta, Marcos Llorente.

Gelandang: Sergio Busquets, Rodri, Pedri, Thiago Alcantara, Koke, Fabián Ruiz.

Penyerang: Dani Olmo; Mikel Oyarzabal, Alvaro Morata, Gerard Moreno, Ferran Torres, Adama Traore, Pablo Sarabia.

Siapa sebenarnya seorang Luis Enrique yang mampu membawa Spanyol ke Semifinal EURO 2020 akan bertemu dengan timnas Italia pada tanggal 7 Juli 2021 nanti.

Baca Juga:  Kisah Spiritual Seorang Paul Pogba

Bernama lengkap Luis Enrique Martinez Garcia atau yang lebih sering dipanggil Luis Enrique. Mantan Gelandang Serang Barcelona ini dilahirkan di daerah Gijon pada 8 Mei 1970. Seorang pemain serba bisa dengan teknik yang baik, ia mampu bermain di beberapa posisi berbeda dan juga terkenal karena temperamen dan staminanya

Enrique sudah menjadi pesepakbola sejak remaja. Ia belajar mengolah si kulit bundar sejak umur 7 tahun di Catalonia, Spanyol, melalui permainan futsal.

Pada usia 14 tahun, Enrique sempat melamar ke klub lokal, Sporting Gijon, tetapi ditolak. Lalu, pada umur 17, ia melamar kembali dan akhirnya bermain untuk Sporting B selama satu musim. Setelah masuk skuat senior dan bermain selama 3 tahun bersama klub lokal, dirinya bergabung dengan Real Madrid selama lima musim. Di Real Madrid, Enrique melakoni 150 laga semua kompetisi dengan memenangkan La Liga, Piala Raja, dan Piala Super Eropa.

Baca Juga:  Inggris Lolos Semifinal Euro 2020 dan Cetak Rekor Kemenangan Terbesar

Madrid sempat digemparkan karena Enrique pindah ke klub rival mereka, Barcelona, pada 1996. Ia pindah dengan status bebas transfer, setelah Josep Canal dan Lucien Muller yang lebih dahulu pindah ke Camp Nou. Kendati demikian, ia tidak pernah menyesali kepindahan ini. “Setiap kali saya bercermin atau nonton televisi, saya pikir saya tampak buruk dengan kostum putih (warna kostum kandang Madrid). Saya pikir biru dan merah (warna kostum kandang Barca) lebih cocok. Saya sangat beruntung, saya merasa seperti di rumah saat di Barcelona,” kata Enrique kepada media.
“Seperti itulah faktanya. Saya tidak memiliki memori yang indah di sini (Madrid), rasanya seperti main di pramusim saja,” katanya menambahkan.

Di Barcelona, ia mempersembahkan lebih banyak trofi lagi yakni dua trofi La Liga dan Piala Raja, Piala Winners, UEFA Super Cup Glory, serta Piala Super Spanyol. Semasa masih aktif bermain, Enrique lebih sering berperan sebagai gelandang serang. Meski demikian, dirinya pernah memainkan hampir semua posisi dalam pertandingan, terkecuali sebagai bek dan kiper.

Baca Juga:  Argentina Juara, Trofi Copa America Pertama Lionel Messi Sebelum Pensiun

Enrique mengakhiri karier sebagai pemain bersama Barcelona setelah gantung sepatu tahun 2004 lalu. Setelah itu, ia mendapatkan tawaran melatih Barcelona B pada 2008 hingga 2011. Ia sempat mencoba tantangan melatih AS Roma dan Celta Vigo, sebelum mulai menukangi tim senior Barcelona pada 2014.

Sebagai manajer Barcelona, Enrique mempersembahkan gelar juara di La Liga (2014/2015, 2015/2016), Copa del Rey (2014/2015, 2015/2016, 2016/2017), Piala Super Spanyol (2016), Liga Champions (2014/2015), Piala Super Eropa (2015) dan Piala Dunia Antarklub (2015).

Di kehidupan pribadinya Enrique menikah dengan seorang perempuan cantik bernama Elena pada tahun 1997 dan telah dikaruniai tiga orang anak yang bernama Pacho, Sira dan Xana. #rid

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...