Ukraina VS Inggris Adu Strategi Shevchenko dan Southgate, Ini Prediksinya

28

Laga perempat final antara Ukraina vs Inggris dijadwalkan di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (4/7/21) pukul 02.00 WIB.

Meskipun di atas kertas beda level dan kekuatan tim cukup signifikan, Inggris lebih di unggulkan pada laga perempat final malam ini, namun hasil akhirlah yang akan menentukan segalanya.

Siapa yang tidak mengenal pelatih Ukraina, Andry Shevchenko seorang mantan pemain sepakbola cerdas pada eranya, mantan striker top AC Milan dizamannya serta pernah meraih Ballon d’Or tahun 2004, saat itu Sheva sebutan akrab Shvchenko, mampu mengalahkan Deco (Portugal/Porto & Barcelona) serta Ronaldinho (Brasil/Barcelona). Dengan kemampuan yang dimilikinya Shevchenko terbukti mampu membawa tim asuhannya Ukraina lolos hingga perempat final EURO 2020.

Ukraina saat ini menempati peringkat ke-24 di rangking FIFA, sedangkan Inggris berada di posisi keempat.

Disisi lain peta kekuatan tim cenderung jomplang dengan The Three Lions punya skuad yang kaya akan pemain bintang.

Demi mengatasi perbedaan kekuatan ini, timnas Ukraina diprediksi akan memakai formasi lima bek.

Formasi tersebut sudah pernah diterapkan Andry Shevchenko saat membekuk timnnas Swedia 2-1 di 16 besar EURO 2020.

Timnas Ukraina berpotensi mengandalkan serangan balik dengan Serhiy Sydorchuk, Taras Stepanenko, dan Mykola Shaparenko sebagai motor di lini tengah.

Kemudian, Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk diprediksi akan tetap menjadi senjata andalan Ukraina untuk membobol gawang Three Lions.

Sementara itu, timnas Inggris diprediksi akan kembali memakai formasi dengan skema empat bek.
Dibawah asuhan Garet Southgate yang merupakan mantan pemain belakang cerdas club liga Inggris Middlesbrough di zamannya, Middlesbrough bersama Southgate berhasil meraih piala liga Inggris untuk yang pertama kali pada 2001. Karir Southgate di timnas Inggris pun boleh dibilang mumpuni dizamannya.

Sebelumnya, pasukan Gareth Southgate menerapkan formasi 3-4-3 saat menang 2-0 atas timnas Jerman di 16 besar.

Seluruh skuad Three Lions siap menggempur pertahanan Ukraina kecuali Bukayo Saka.

Sang pemain diragukan tampil karena mengalami cedera ringan. Posisi wonderkid Arsenal itu pun diprediksi akan kembali ditempati Phil Foden.

Adapun Mason Mount diperkirakan turut masuk starting XI dengan formasi 4-2-3-1 timnas Inggris setelah ia menjalani latihan terpisah.

Raheem Sterling yang sudah mencetak tiga gol di Euro 2020 akan melengkapi lini kedua penyerangan Inggris.

Lalu, Harry Kane yang telah membuka keran golnya saat melawan Jerman diperkirakan tetap menjadi ujung tombak Three Lions dan akan terlihat semakin garang mengingat tekad nya untuk membawa Inggris tampil di Final.

Prediksi Susunan Pemain Ukraina vs Inggris:

UKRAINA (5-3-2): 1-Bushchan; 21-Karavaev, 13-Zabarnyi, 4-Kryvtsov, 22-Matviyenko, 17-Zinchenko; 5-Sydorchuk, 6-Stepanenko, 10-Shaparenko; 7-Yarmolenko, 9-Yaremchuk.

Pelatih: Andriy Shevchenko (UKR).

INGGRIS (4-2-3-1): 1-Pickford; 2-Walker, 5-Stones, 6-Maguire, 3-Shaw; 4-Rice, 14-Phillips; 20-Foden, 19-Mount, 10-Sterling; 9-Kane.

Pelatih: Gareth Southgate (ING).

Prediksi skor:
Ukraina vs Inggris (1-3). #rid