Trend BJ di Kota Palembang

21

Palembang, BP-Semua orang mungkin tidak asing lagi dengan barang BJ yang sering dijual di pasaran, tidak sedikit mulai dari anak muda sampai tua yang gemar membeli barang BJ.

Pasalnya, barang BJ dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan barang yang dijual di mall-mall dan kualitasnya juga tidak kalah jauh dari barang ori atau baru.

BJ sendiri adalah baju bekas pakai yang dijual kembali. Menurut penjualnya, baju BJ ini berasal dari negara tetangga semisal Singapore, Malaysia, Korea, Taiwan dan sebagainya yang dibeli perkarung dengan harga tertentu.

Karena baju BJ dibeli perkarung, maka penjual tidak dapat memilih baju-baju yang akan dibeli dan dijual kembali dengan harga murah tersebut.

Namun, kini barang BJ tidak hanya baju melainkan sangat bervariatif dijual di pasaran misalnya saja barang BJ seperti jam, tas, hingga sepatu sudah ada dijual di pasar BJ.

Sukandar Pedagang barang BJ jam di bawah jembatan Ampera Kota Palembang yang sudah berjualan barang BJ selama 13 tahun ini menuturkan bahwa barang BJ tidak hanya menjual baju saja.

Selain itu, Sukandar mengatakan bahwa harga dari barang BJ sendiri bervariasi dan tidak tentu tergantung dari merek jamnya.

“Kalo jam bagus mahal, kalo yang jam biaso-biaso paling lima ribu sepuluh ribu,” ujarnya.

Sementara itu, pedagang barang BJ sepatu dan tas yang ditemui yakni Sifan menuturkan bahwa barang BJ yang diambil tersebut diambil dari rumah ke rumah.

Sifan mengungkapkan bahwa tantangan pedagang BJ sekarang yakni harus bersaing dengan barang-barang di toko online yang dijual relatif murah.

“Sekarang nih susah jual barang BJ yang bermerek dengan harga mahal karena kalah dari barang-barang online,” tuturnya.

Kemudian, pedagang baju BJ Rusminah yang juga ditemui menyampaikan keresahannya sebagai pedagang kecil yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19.

“Berjualan nih saroh nn, apalagi karena corona ini,” pungkasnya. #ric