Ultimate magazine theme for WordPress.
BI-26-27

Honor Untuk Biaya Kegiatan Sekolah Selama Daring  Untuk Guru Honor Segera Cair

Ketua Bidang Humas DPW PKS Sumsel Mgs. H. Syaiful Padli (BP/IST)

Palembang, BP- Janji Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan mencairkan insentif bagi guru honorer SMA/SMK Negeri  seluruh Sumsel segera terealisasi.

Sebelumnya Pemprov  Sumsel sudah mengaggarkan anggaran insentif bagi guru honorer sebesar Rp. 20 Milyar ditahun 2021.

“Tadi pagi kami dapatkan info langsung dari Disdik Sumsel jika SK nya telah selesai ditelaah Biro Hukum yang nantinya aman segera naik ke Gubernur untuk ditantagangani,” kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Mgs Syaiful Padli,  Sabtu (3/7).

Namun, dalam SK tersebut nantinya nama yang dipakai bukan insentif guru honorer melainkan honor untuk biaya kegiatan sekolah selama daring kepada guru tidak tetap.

Baca:  Menuju Pemilu 2024, KPPI Sumsel Lantik Sebelas DPC Kabupaten/kota

“Hasil kajian Biro Hukum kata-kata insentif hanya diperkenankan diberikan kepada ASN, PNS dan P3K. Tapi dipakai UU Guru dan Dosen dengan klausul guru dapat diberikan tambahan penghasilan diperintukkan bagi guru tidak tetap,” kata politisi PKS ini.

Untuk itu, Syaiful menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Sumsel terkait bakal segera dicairkannya uang penghasilan tambahan bagi guru tetap, terlebih akan dibayarkan untuk periode Januari-Juni senilai Rp400 ribu per-orang dari total anggaran sebesar Rp20 milyar.

Dari total 14.173 PTK Honorer SMA/SMK Negeri di Sumsel yang akan menerima uang penghasilan tambahan selama daring sebanyak lebih kurang 8.000-an guru honorer

Dimana  jumlah PTK honorer di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan adalah 14.173 orang, yang terdiri dari 9.940 orang guru honorer dan 4.234 pegawai honorer.

Baca:  Perbaikan Jalan  di Sumsel Telan Anggaran Rp3 Miliar

“Jika dibandingkan dengan jumlah PNS yaitu 8.066 guru PNS dan 672 pegawai PNS di sekolah, maka perbandingannya sangat tidak seimbang,” katanya.

Berdasarkan dapodik Kemdikbud jumlah sekolah pada jenjang SMA Negeri adalah 327 sekolah, jumlah sekolah pada jenjang SMK Negeri adalah 116 sekolah, dan jumlah sekolah pada jenjang SLB Negeri adalah 14 sekolah.

Baca:  Soal Gaji Karyawan JSC Yang Belum di Bayar Bakal Masuk dalam LKPJ Gubernur Sumsel

Sedangkan untuk jumlah peserta didik pada jenjang SMA Negeri adalah 156.651 orang, untuk jumlah peserta didik pada jenjang SMK Negeri adalah 71.095 orang dan untuk jumlah peserta didik pada jenjang SLB Negeri adalah 1.641 orang.

Sehingga total sekolah negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 457 sekolah dengan 229.387 orang peserta didik.

“Update data usulan calon penerima dalam bulan Juli ini selesai. Mudah-mudahan minggu depan bisa diajukan Disdik ke BPKAD proses pencairannya,” katanya.#osk

 

 

 

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...