Ultimate magazine theme for WordPress.

Pemkab OKU Gelar Webinar Literasi Digital

Baturaja, BP – Plh Bupati OKU Edward Candra, menjadi keynote speaker Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Meningkatkan Keterampilan Mengajar di Era Digital di Ruang Video Conference Pemkab OKU, Jumat (2/7/2021).

Perkembangan teknologi informasi yang pesat perlu diimbangi dengan literasi digital. Adapun literasi digital bukan hanya terkait kecakapan penguasaan teknologi, melainkan juga cakap dalam bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.

Untuk meningkatkan literasi digital, Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Literasi Digital Nasional pada momentum hari Kebangkitan Nasional.

Infrastruktur digital yang disediakan oleh pemerintah tidak dapat berdiri sendiri karena harus didukung komponen penunjang lainnya, termasuk kesiapan masyarakat.

Baca:  Plh Bupati OKU Safari Jumat Sekaligus Berikan Bantuan Untuk Masjid Al-Hidayah

Webinar literasi digital di buka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, BSc. menampilkan berbagai nara sumber dan pembicara utama di bidang pendidikan. Salah satunya adalah Pelaksana Harian Bupati OKU Edward Candra.

Pelaksana Harian Bupati OKU Erdward Candra, selaku keynote speaker atau yang lebih di kenal pembicara utama didampingi kepala dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Priyatno Darmadi, dan kepala Seksi Keamanan Informasi Dede Fernandez, menyampaikan pendidikan adalah tujuan utama negara Indonesia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun sejak awal tahun 2020 pandemi Covid-19 menghambat proses belajar mengajar.

Baca:  PLH Bupati OKU Tinjau PTMT di Sekolah

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita beribadah, bekerja, belajar dan beraktifitas di rumah. Proses belajar dilakukan di rumah, keadaan ini memaksa pemerintah untuk menghadirkan alternatif belajar mengajar dengan sistem daring.

Proses pendidikan pada masa pendemi Covid-19 yang harus diperhatikan yaitu dampak positif dan negatif dari perubahan penggunaan ruang digital. Oleh karena itu peran penting antara guru dan orang tua untuk mengawasi proses belajar melalui ruang digital.

Pada kesempatan ini, Edward Candra menambahkan kegiatan literasi digital di Kabupaten OKU telah berlangsung dua kali dengan melibatkan mahasiswa, ASN non guru. Untuk kegiatan literasi digital pada hari ini diikuti oleh seluruh guru SMA dengan menampilkan nara sumber di bidang pendidikan.

Baca:  PLH Bupati OKU Instruksikan Ke OPD Terkait Untuk Bantu Korban Terdampak Bencana Puting Beliung

Atas nama Pemerintah Kabupaten OKU mengapresiasi kegiatan webinar ini sebagai bentuk dukungan program nasional.

Pada akhir sambutannya Edward Candra mengatakan, kegiatan literasi digital akan dilaksanakan sebanyak 23 kali kegiatan yang diselenggarakan sejak bulan Juni sampai November 2021 dengan segmentasi ASN non guru, TNI, Polri, guru, pelajar, mahasiswa, UMKM, organisasi kepemudaan, kelompok tani, dan masyarakat umum. #yan

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...