Ultimate magazine theme for WordPress.

Wapres Ma’ruf Amin Minta Pelaku dan Sindikat Narkoba Dimiskinkan

Palembang, BP – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin menyampaikan saat ini seluruh negara internasional menghadapi dua tantangan besar.

Adapun dua tantangan besar tersebut yakni bencana kesehatan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan bahaya narkotika.

Berdasarkan Data United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 24 Juni 2021 menyebutkan, sekitar 275 juta orang di seluruh dunia menggunakan narkoba pada tahun 2020.

“Tren global ini diperkirakan akan meningkat sebesar 11 persen sampai tahun 2030. Oleh karena itu, untuk memerangi penyalahgunaan narkotika, diperlukan sinergi pemberantasan yang baik di seluruh tingkat kenegaraan baik nasional, regional maupun internasional,” kata Wapres Ma’aruf Amin.

Wapres Ma’ruf Amin menyatakan, perang melawan narkoba memerlukan sinergitas dan kerja sama di tingkat nasional, regional maupun internasional terutama dalam kegiatan penyelidikan, tukar menukar informasi, dan operasi bersama.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, berdasarkan data, sebagian besar narkoba berasal dari luar negeri.
Obat terlarang tersebut diselundupkan dan dikendalikan oleh sindikat internasional bekerja sama dengan sindikat dalam negeri.

“Tindakan yang tegas, keras, dan terukur melalui upaya penegakan hukum sangat diperlukan, baik terhadap kasus narkotika itu sendiri maupun Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU),” tegas Wapres.

“Penyitaan aset untuk memiskinkan para pelaku dan sindikat narkoba, juga menjadi salah satu cara agar produksi dan peredaran narkoba tidak dapat beroperasi lagi,” jelasnya.

Wapres juga menjelaskan terkait penegakkan hukum di Indonesia, bahwa telah terdapat peraturan yang mengaturnya diantaranya Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan.

“Peraturan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menjalankan mandat konstitusi, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,” pungkasnya. #ric

Jangan Lewatkan
Komentar Anda
Loading...