Portugal Tersungkur, Belanda Terjerembab, Sepakbola Memang Kejam

31

Begitulah sepakbola dalam sebuah kompetisi besar, harus ada yang kalah dan yang menang di akhir laga, selain itu harus legowo dan ikhlas menerima yang terjadi meski keinginan tak sesuai harapan.

Timnas Belgia melaju ke babak perempat final Euro 2020 setelah menang tipis 1-0 atas Portugal di babak 16 besar, Senin (28/06/21) dini hari WIB. Bertanding di Estadio de La Cartuja, Belgia menang dengan skor 1-0. Gol kemenangan skuad berjuluk The Red Devils itu dicetak oleh Thorgan Hazard di menit ke-42.

Meski Portugal unggul dalam penguasaan bola dari Belgia yang berbanding 58%-42% dan terus mencoba membuat gol untuk menyamakan kedudukan namun serangkaian penyelamatan yang dilakukan oleh Kiper Thibaut Courtois mampu mementahkan keinginan Ronaldo Cs. Hingga peluit akhir ditiup Belgia tetap unggul dengan skor 1-0.

Namun kemenangan Belgia dari Portugal kali ini diganjar dengan cideranya dua pemain tengah andalan Belgia, Kevin De Bruyne dan Eden Hazard mengalami cedera ditarik keluar lapangan. DeBruyne dan Eden Hazard mungkin tidak akan bermain pada laga perempat final saat Belgia  bertemu dengan Italia pada Sabtu, (3/6/21).

Sementara itu pada laga 16 besar EURO2020 beberapa jam sebelumnya antara timnas Belanda vs Ceko, tidak diduga tim Belanda yang memiliki sederet pemain kelas dunia tersungkur di hempaskan Republik Ceko denga skor 2-0.

Belanda harus mengakui keunggulan Ceko saat berlaga di Puskas Arena, Budapest Hungaria, Minggu, (27/6/21).

Tertekan sejak menit pertama, Ceko memanfaatkan serangakain serangan balik yang juga tak mampu memberikan keunggulan.

Petaka bagi Belanda dimulai pada menit ke-53 saat Mathijjs De Ligt diusir wasit karena melakukan handsball dengan sengaja.

Unggul jumlah pemain, Ceko akhirnya mampu memimpin lewat sundulan Tomas Holes  (68′).

Belanda yang bermain dengan 10 pemain masih tetap berusaha menampilkan perainan menyerang.

Alih-alih membalas gol Ceko, Belanda malah harus kembali memungut bola lewat gol yang dicetak oleh Patrik Schick (80′).

Tertinggal 2 gol dan bermain 10 pemain membuat Belanda tak mampu berbuat banyak hingga peluit akhir berbunyi.
Selanjutnya Ceko akan bertemu dengan tim Dinamit Denmark pada Sabtu (3/6/21). #rid