Cegah Anak Konsumsi Rokok Elektrik, Banyak Produk Palsu

10

Palembang, BP – Penggunaan rokok elektronik akhir-akhir ini terus meningkat.

Namun seiring fenomena tersebut, produsen menegaskan komitmennya untuk mencegah anak-anak di bawah umur mengkonsumsi rokok elektronik yang juga disebut vape itu.

Hal itu dalam rangka mencegah produk palsu beredar luas di pasaran.

“Perlindungan terhadap anak di bawah umur merupakan masalah yang kami anggap sangat serius, sesuai yang tertuang dalam komitmen kami,” kata Kepala Urusan Eksternal Global RELX International Jonathan Ng dalam jumpa pers virtual, Selasa (22/06).

“Kami dengan tulus berharap pelaku industri yang lain dapat berkomitmen untuk ikut serta dalam era tanggung jawab yang baru ini,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, perusahaan tersebut mengumumkan langkah-langkah yang diambil perusahaan untuk memastikan adanya tindakan di seluruh industri untuk mencegah penggunaan rokok elektrik di kalangan anak di bawah umur.

Perusahaan vape ini mengatakan, inisiatif Golden Shield merupakan sebuah kemitraan dengan sejumlah pemangku kepentingan termasuk di dalamnya melibatkan petugas Bea Cukai.

Hal itu dalam rangka melindungi konsumen dengan mengeliminasi produk palsu dan selundupan yang beredar di pasar.

Jonathan Ng memastikan bahwa produknya diproduksi dengan standar kualitas tinggi dan kontrol pemeriksaan yang sangat ketat.

Akan tetapi, ada banyak produk palsu dan selundupan lainnya dengan konten yang tidak diketahui isinya.

“Kami bekerja sama dengan firma investigasi, platform e-commerce, dan otoritas lokal untuk menyingkirkan produk semacam itu dari pasar,” katanya.

Selain serius mencegah anak di bawah umur mengonsumsi rokok elektronik, Relx International meluncurkan Inisiatif Pledge.

Inisiatif Pledge meningkatkan komitmen global dalam akuntabilitas perusahaan  kepada konsumen, dan mata pencaharian ekonomi.

Leina Chedid, Kepala Pemasaran untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, menyampaikan soal Guardian Program.

Ia mengatakan program Ini adalah inisiatif yang dimulai dari pengembangan produk hingga penjualan, pencegahan penggunaan produk vape pada anak di bawah umur melalui upaya bersama dengan pengecer untuk meningkatkan upaya identifikasi di tempat.

“Sejak awal pendirian, pencegahan konsumsi di kalangan muda telah menjadi bagian integral dari nilai. Program Guardian kami berlaku di setiap sisi penjualan dan pemasaran dan mendukung sistem legislasi dan regulasi yang efektif untuk mencegah pembelian dan penggunaan produk kami oleh anak-anak,” jelasnya. #ric