Dua Kader Golkar Sumsel Loncat ke Partai Lain

74

Sekretaris DPD I Golkar Sumsel Herpanto (BP/DUDY OSKANDAR)

Palembang, BP–Dua Kader Partai Golkar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  , Walikota Lubuk Linggau H SN Prana Putra Sohe (Nanan) resmi bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Mantan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA), gabung ke Partai Nasdem, keduanya dulu sempat diusung partai Golkar saat maju dalam perhelatan Pilkada. HBA sendiri malah sempat menjabat Ketua DPD II Golkar Empat Lawang periode 2011-2015. HBA juga  sempat menjabat Ketua DPRD Lahat tahun 2004-2008, serta terpilih menjadi Bupati Empat Lawang yang menjabat pada tahun 2008-2015 di usung Partai Golkar.

Menanggapi hal  tersebut Sekretaris DPD I Golkar Sumsel Herpanto menilai etika politik keduanya (Nanan dan HBA)  tidak benar.

“Kau tulis bae itu, iya mereka sudah banyak istilahnya di besarkan oleh  Partai Golkar  selayaknya mereka iyo dengan datang dengan cara baik-baik  dan pergi dengan cara baik-baik, memang itu pilihan mereka  kita tidak melarang tapi dari etika berpolitiknya  kurang bagus itu termasuk HBA,” katanya, Selasa (22/6).

Baca:  Pengganti Narsun Madang, Golkar Tunggu Petunjuk Alex Noerdin

Menurut Herpanto keduanya pindah partai untuk berkarir politik sehingga ingin mendapatkan kepentingan politik yang lebih besar lagi.

“Tunggu bae mungkin suatu saat  partai itu ditinggalkan oleh mereka, PKB ditinggalkan, Nasdem akan ditinggalkan,” katanya.

Menurutnya kedua sebelumnya waktu acara-acara Golkar selalu hadir termasuk hadir di Musda Golkar.

Nanan dan HBA sendiri menurutnya telah meninggalkan Golkar tanpa pemberitahuan.

“Mungkin karena ketika itu  Ketua Golkarnya dulu Gubernur Sumsel  H Alex Noerdin mereka berlindung disegalannya lah, ketika pak Alex tidak lagi jadi gubernur, bubar juga mereka, artinya mereka bukan kader militan, itu tidak bagus dicontoh oleh kader-kader partai Golkar

Sedangkan H SN Prana Putra Sohe membenarkan kabar tersebut, Nanan mengakui dirinya hingga kini belum terikat ke partai manapun walaupun orantuanya dulu dari Partai Golkar.

“Bapak aku pernah menjadi penasehat Golkar , tapi khan aku sendiri belum masuk kemana-mana, secara resmi aku tidak masuk  di kepengurusan Golkar tapi pada dasarnya aku harus menentukan pilihan karir untuk kedepan ini,” katanya ketika dihubungi, Selasa (22/6).

Baca:  Dua Kabupaten Belum Ditetapkan Golkar Sumsel

Apalagi menurut Nanan , dirinya dengan Ketua Umum PKB, Muhaimim Iskandar (Cak Imin) adalah kawan lama dan seumuran.

“Aku dengan keluarga besar PKB juga kenal lama juga, itu khan, itu saja intinya,” katanya.

Setelah itu menurut Nanan, dia akan masuk ke DPR RI dan itu tujuan paling utamanya.

Sebelumnya Mantan Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA), diisukan akan kembali ikut dalam kontetasi Pilkada Empat Lawang 2024 nanti.

Apalagi Rabu (16/6) HBA disambut baik oleh pengurus Nasdem sebagai kader kehormatan dengan dipakaikan atribut Partai Nasdem bersama Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sumatera Selatan, H Herman Deru yang hadir secara virtual, di Aula Hotel Kito.

Ketika ditanya informasi ini, HBA mengatakan untuk menjawab hal ini masih terlalu dini. Baik itu dalam hal Pilkada Empat Lawang atau mencalonkan diri dalam sebagai anggota DPR RI.

“Kita lihat kondisi masyarakat dulu, ngalir dulu yang pasti sebagai orang yang punya hak demokrasi kita harus ada tempat untuk menampung itu,” jelasnya.

Baca:  DPD Golkar Sumsel Potong Dua Sapi dari Bupati Muba

Ia menambahkan, kemana arahnya nanti, tergantung masyarakat. “Apa masih saya diperlukan berbuat untuk masyarakat banyak apa tidak? Yang penting hari ini saya diterima sebagai kader kehormatan dan dan ini tentu saja disambut dengan suka cita,” jelas HBA.

HBA menjelaskan, ketertarikan bergabung dengan Partai Nasdem, karena keterbukaannya dan ada hal lainnya yang ingin dicapai bersama Partai Nasdem.

Serta dalam pandangannya, partai Nasdem mengajarkan kadernya berpolitik yang baik, dan harus memegang amanah yang baik serta, salah satu partai yang tidak menghalalkan segala cara.

“Partai (Nasdem) yang terbuka dan ada hal lainnya, jika partainya bagus tentu kita harus suport. Dan Sebagai orang yang merdeka yang memiliki hak politik, Insya Allah kita siap di manapun kita dibutuhkan dan ini kita hargai. Pada hari ini kita dipakaikan baju Partai Nasdem, kita siap tanpa masalah,”katanya. #osk